BERBAGI

Rabu, (24/03/21) Ballroom Danau Poso ( Poso City Mall ) menjadi tempat pertemuan Rapat Koordinasi Forkom Pendapatan Daerah se- Sulawesi Tengah ke-5, dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si., Bupati Poso, dr. Verna G.M Inkiriwang, unsur Forkompimda Kab. Poso, Sekda Poso, para kepala Badan Pendapatan Daerah se- Sulteng, para kepala OPD lingkup pemda Poso dan para tamu undangan lainnya.

 

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab. Poso, Putera Botilangi, SE., M.Si., dalam laporan panitianya menyampaikan, tujuan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk  membahas informasi dan menyamakan persepsi terkait isu-isu strategis dan kebijakan yang berimplikasi terhadap pendapatan daerah, dengan mengusung tema “Mewujudkan pengelolaan pendapatan daerah yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan di Prov. Sulawesi Tengah”.

 

Bupati Poso, dr. Verna G.M Inkiriwang dalam sambutannya mengatakan, bahwa tema dari kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi Kab. Poso saat ini, khususnya pada misi yang ke-5 “Poso Pakaroso” dengan tekat mewujudkan pemerintahan yang responsif, profesional, transparant, melayani, bekerja tuntas, inovatif dan akuntabel. Bupati Poso juga memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini dan kami berharap melalui kegiatan ini nantinya pengelolaan pendapatan daerah di Kab. Poso akan melahirkan inovasi baru, yang dapat membawa perubahan terhadap peningkatan pelayanan publik dibidang perpajakan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesadaran masyarakat wajib pajak, sehingga pendapatan daerah kita otomatis akan meningkat.

 

Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si., yang menghadiri langsung sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa pendapatan hasil pajak untuk Sulawesi Tengah, mengalami peningkatan. Ini merupakan upaya dan kerja keras oleh pihak Kabupaten/Kota dalam bersinergi dengan Bapenda Provinsi, sehingga berdampak pada meningkatnya dana bagi hasil bagian Kabupaten/Kota untuk tahun 2020. Sesuai dengan Peraturan daerah Prov. Sulawesi Tengah nomor 9 Tahun 2020, tentang dana bagi hasil pajak daerah bagian Kabupaten/Kota beserta pelaksanaannya. Untuk  Kab. Poso memperoleh dana bagi hasil sebesar 5.453.114.569 (5 milyar, 453 juta, 114 ribu, 569 rupiah). Gubernur juga berpesan kepada seluruh peserta rakor, agar tetap fokus dan memanfaatkan kegiatan rakor ini dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tengah, ditandai dengan pemukulan gong dan dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari pemerintah kab. Poso kepada Gubernir Sulteng serta kepada peserta perwakilan Kabupaten/Kota se- Sulteng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here