BERBAGI

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya stunting disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Sebagai langkah pencegahannya, Pemda Poso melalui Dinas Ketahanan Pangan mengadakan kegiatan Pemberian Makanan B2SA ( Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) untuk perbaikan gizi keluarga dan pencegahan stunting tahun anggaran 2020 dan Pemberian bantuan pada Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tersebar di 5 kecamatan. Bertempat diruang pertemuan kantor Dinas Ketahanan Pangan Kab. Poso, kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Kab. Poso, Yan Edward Guluda, SH., MH., para kepala OPD, serta tamu undangan lainnya. Selasa (24/11/20).

Sekda Kab. Poso, Yan Edward Guluda, SH., MH dalam sambutannya mengatakan, agar kita semua harus mendukung kegiatan ini. Karena dengan adanya program ini, secara tidak langsung sudah ikut membantu program pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa dalam pemenuhanan gizi pada anak. Jika gizi tidak dicukupi dengan baik, dampak yang ditimbulkan memiliki efek jangka pendek dan efek jangka panjang. Gejala stunting jangka pendek meliputi hambatan perkembangan, penurunan fungsi kekebalan, perkembangan otak yang tidak maksimal yang dapat mempengaruhi kemampuan mental dan belajar tidak maksimal, serta prestasi belajar yang buruk. Sedangkan gejala jangka panjang meliputi obesitas, penurunan toleransi glukosa, penyakit jantung koroner, hipertensi, dan osteoporosis.

Selanjutnya, Sekda Poso
menghimbau agar para orang tua harus bisa memperhatikan makanan yang akan diberikan kepada anak. Jangan pernah memberikan makanan yang instant yang sudah tercampur bahan pengawet kepada anak. Karena itu semua yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak. Selain itu, mari bersama kita menjaga kebersihan lingkungan, karena lingkungan yang bersih dapat menghindarkan kita dari penyakit.

Pada kegiatan ini, Pemda Poso juga memberikan bantuan kedapa 6 Kelompok Wanita Tani (KWT), berupa pupuk, bibit-bibit tanaman/sayuran, ikan dan ayam. Bantuan ini diberikan, agar pangan yang bergizi dan seimbang dapat diperoleh dengan mudah, dengan cara memanfaatkan halaman pekarangan rumah masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here