BERBAGI

SELASA, 20 OKTOBER 2020, PJ. BUPATI POSO, Drs. ARFAN, M. Si MEMBUKA SECARA RESMI KEGIATAN PENCANANGAN GERAKAN PENANAMAN BAWANG PUTIH DIDESA WATUMAETA. TURUT HADIR ANGGOTA FKPD KABUPATEN POSO,
KEPALA DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI SULAWESI TENGAH BERSAMA JAJARANNYA, KEPALA BPTP PROVINSI SULAWESI TENGAH, KEPALA BALAI KARANTINA PROVINSI SULAWESI TENGAH,
KEPALA DINAS PERTANIAN KABUPATEN POSO BERSAMA JAJARAN,
PARA PEJABAT DI LINGKUP PEMDA KABUPATEN POSO,
PARA CAMAT DI KAWASAN PENGEMBANGAN BAWANG PUTIH,
KEPALA DESA WUASA DAN PARA KEPALA DESA TETANGGA KELOMPOK PENERIMA BANTUAN PENGEMBANGAN KAWASAN BAWANG PUTIH, KOORDINATOR BPP BERSAMA PPL MASING-MASING DESA,
SERTA PARA ANGGOTA KELOMPOK TANI.

PJ. BUPATI POSO, Drs. ARFAN, M.Si, DALAM SAMBUTANNYA MENYAMPAIKAN BAHWA, KAWASAN PENCANANGAN GERAKAN PENANAMAN BAWANG PUTIH DI LEMBAH NAPU INI MERUPAKAN KAWASAN PENGEMBANGAN BAWANG PUTIH DI KABUPATEN POSO TAHUN 2020. DIMANA, KEGIATAN INI DAPAT MEMBERI MANFAAT BESAR BAGI KEMAJUAN PERTANIAN BAGI DAERAH DAN DAPAT MENDONGKRAK EKONOMI PARA KELOMPOK TANI. UNTUK ITU, ​APRESIASI DAN RASA TERIMA KASIH PATUT DIBERIKAN KEPADA SELURUH JAJARAN DINAS PERTANIAN KABUPATEN POSO BERSAMA DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI SULAWESI TENGAH DAN SELURUH INSTANSI TERKAIT ATAS KERJASAMA YANG BAIK TELAH MENGUPAYAKAN TERLAKSANANYA KEGIATAN PADA SAAT INI. SAYA MERASA BANGGA KARENA DAPAT BERTEMU DENGAN SAUDARA-SAUDARA SEMUA.

Baca Juga :  Jambore Penyuluh Pertanian Tahun 2017

SELANJUTNYA ARFAN MENGATAKAN,
​BEBERAPA WAKTU YANG LALU DI KAWASAN INI TELAH DILAKSANAKAN PANEN DEMPLOT ATAU LAHAN PERTANAMAN BAWANG PUTIH YANG DISELENGGARAKAN OLEH BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN BPTP SULAWESI TENGAH DAN DIHADIRI OLEH STAF KHUSUS MENTERI PERTANIAN DAN BEBERAPA PEJABAT KEMENTERIAN PERTANIAN LAINNYA. DARI HASIL KAJIAN YANG DILAKUKAN, SALAH SATUNYA MELALUI KAJIAN KLIMATOLOGIS DAPAT DIPASTIKAN BAHWA KAWASAN INI (LEMBAH NAPU) SANGAT COCOK UNTUK DIJADIKAN SENTRA PENGEMBANGAN BAWANG PUTIH, OLEHNYA KEMENTERIAN PERTANIAN MELALUI PEMERINTAH KABUPATEN POSO BERUPAYA UNTUK MEMFASILITASI PENGEMBANGAN KAWASAN DI LEMBAH NAPU INI DENGAN MEMBERIKAN BANTUAN KEPADA KELOMPOK TANI PENERIMA MANFAAT. PENGEMBANGAN KAWASAN INI MENJADI SANGAT PENTING. UNTUK MENGURANGI IMPOR YANG MASIH SANGAT TINGGI. DARI 500.000 TON KEBUTUHAN BAWANG PUTIH NASIONAL, PRODUKSI DALAM NEGERI HANYA BISA MENYUMBANG + 80.000 TON, SEHINGGA MENJADI TUGAS KITA SEMUA AGAR BISA MEMENUHI KEKURANGAN TERSEBUT.
DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KAWASAN LEMBAH NAPU SEBAGAI SENTRAL BAWANG PUTIH, BANYAK TANTANGAN YANG HARUS DIHADAPI, SEPERTI :
1. KURANGNYA PENGALAMAN PETANI DAN PPL DALAM PENGEMBANGAN BUDIDAYA BAWANG PUTIH,
2. KURANGNYA INFRASTRUKTUR PERBENIHAN DAN PENGAIRAN SERTA JALAN PERTANIAN,
3. KURANGNYA TENAGA BURUH DI WILAYAH INI,
4. JAMINAN PEMASARAN BAWANG PUTIH YANG SELALU DIKELUHKAN PETANI KARENA BAWANG PUTIH IMPOR LEBIH MENARIK DAN HARGANYA RELATIF MURAH, SEHINGGA BAWANG PRODUKSI PETANI TIDAK LAKU.

Baca Juga :  Pemda Poso dan TNI Bentuk Brigade Tanam

UNTUK ITU DIBUTUHKAN DUKUNGAN PELATIHAN DAN MEMPERBANYAK DEMPLOT BAWANG PUTIH SEBAGAIMANA YANG TELAH DILAKSANAKAN OLEH BPTP SULAWESI TENGAH. PENYEDIAAN INFRASTRUKTUR YANG DIBUTUHKAN SECARA BERTAHAP, BANTUAN ALSINTAN YANG SESUAI KEBUTUHAN PETANI SERTA HARUS DIUPAYAKAN PEMASARAN HASIL BAWANG PUTIH OLEH INSTANSI YANG TERKAIT. SESUAI INFORMASI DAN LAPORAN KEPALA DINAS PERTANIAN, BAHWA POTENSI LAHAN PENGEMBANGAN BAWANG PUTIH DI KAWASAN LEMBAH NAPU INI CUKUP LUAS BISA MENCAPAI 2.500 HA. SINERGITAS KITA SEMUA DIPERLUKAN GUNA KEBERHASILAN KEGIATAN INI.

DENGAN ADANYA RENCANA PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA KE KALIMANTAN TIMUR, MAKA POSISI SULAWESI TENGAH AKAN MENJADI LEBIH STRATEGIS KARENA PRODUKSI HORTIKULTURA KITA KHUSUSNYA DARI KABUPATEN POSO DAN TERISTIMEWA LEMBAH NAPU DAPAT DENGAN MUDAH DIPASARKAN. SAYA BERHARAP PARA PPL DAN PETANI DIWILAYAH INI TERUS BERSEMANGAT DALAM MEMAKSIMALKAN POTENSI PERTANIAN YANG ADA SEHINGGA PADA SAATNYA NANTI, JERIH PAYAH SAUDARA-SAUDARA AKAN MEMBUAHKAN HASIL YANG MENYENANGKAN BAGI SEMUA. MELALUI GERAKAN PENANAMAN BAWANG PUTIH YANG DILAKSANAKAN SAAT INI DAPAT MENJADI MOMENTUM UNTUK KEBERHASILAN PROGRAM PENGEMBANGAN KAWASAN BAWANG PUTIH DI WILAYAH KITA, PARA KOORDINATOR BPP AGAR SELALU MEMANTAU PELAKSANAAN KEGIATAN, DENGAN DEMIKIAN TUJUAN KEBERHASILAN AKAN DICAPAI. ATAS NAMA PEMERINTAH DAERAH DAN MASYARAKAT KABUPATEN POSO MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH YANG SEBESAR BESARNYA KEPADA DIRJEN HORTIKULTURA KEMENTERIAN PERTANIAN RI SERTA DINAS TPH PROPINSI SULAWESI TENGAH YANG TELAH MENGALOKASIKAN PROGRAM PENGEMBANGAN KAWASAN BAWANG PUTIH DAN KOMODITAS LAINYA DI KABUPATEN POSO TAHUN INI.

MENGAKHIRI SAMBUTANNYA, Drs.ARFAN, M.Si BERPESAN, MENJADI TUGAS KITA BERSAMA UNTUK MEWUJUDKAN PERTANIAN YANG MAJU, MANDIRI DAN MODERN SERTA BERDAYA SAING.

Baca Juga :  Bupati Poso Ikut Panen Perdana Desa Lape

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image