BERBAGI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab.Poso telah resmi menutup pendaftaran bagi pasangan calon (paslon) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kab. Poso. KPU Kab. Poso sampai hari ini, Senin (07/06/20) telah menerima tiga paslon yang telah memenuhi syarat untuk bertarung pada Pilkada Kab. Poso Tahun 2020.

Adapun tiga paslon yang telah terdaftar adalah paslon Verna Gladies Inkiriwang dan Yasin Mangun. Menjadi paslon pertama yang secara resmi mendaftar di KPU, pada Jumat (04/09/20) sore. Paslon Verna-Yasin tiba di Kantor KPU Poso sekitar pukul 15.30 Wita. Selain didukung partai Demokrat, pasangan calon Verna Inkiriwang-Yasin Mangun maju di Pilkada Poso. Diusung tiga partai besar, yakni Partai Hanura, PAN dan Partai Perindo.

Di hari kedua, pada Sabtu (05/09/20) pendaftaran calon, petahana Bupati Poso, Darmin Sigilipu dan Amjad Lawasa mendaftarkan diri di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Poso sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati Poso. Paslon ini mendapat dukungan dari lima partai politik, yakni Golkar, PKS, Gerindra, PPP, Nasdem, dan PKPI.

Selanjutnya, dihari yang sama Sabtu (05/09/20) petahana Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si bersama pasangan Toni Sowolino mendatangi kantor KPU Poso untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati pada Pilkada 2020 dengan menggunakan jalur Independen. Yang sebelumnya dinyatakan memenuhi syarat pemenuhan dukungan minimal sesuai ketetapan KPU Kab. Poso.

Sebelum masuk di halaman kantor KPU Poso, terlebih dahulu seluruh paslon dilakukan pemeriksaan kesehatan dan melakukan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.Yang selanjutnya melakukan registrasi pendaftaran dan mengikuti proses penelitian atau kelengkapan dokumen persyaratan pendaftaran.

Ketua KPU Poso, Budiman Maliki mengatakan,  proses pemeriksaan dokumen pendaftaran dilakukan bersama-sama secara terbuka dan disaksikan pihak Bawaslu, petugas penghubung paslon, paslon serta ketua dan sekretaris partai pengusung, sehingga dari hasil pemeriksaan persyaratan dokumen syarat calon dan syarat pencalonan bakal calon Bupati Poso dan Wakil Bupati Poso sudah terpenuhi syarat-syarat dokumen pendaftaran.

Budiman menambahkan, usai menerima pendaftaran bakal calon pihak KPU Poso akan masuk ketahapan pemeriksaan kesehatan. “Sambil berjalan tahapan pemeriksaan kesehatan berlangsung, KPU Poso juga akan melakukan pemeriksaan semua dokumen administrasi pendaftaran calon. Melalui tim pemeriksaan verifikasi administrasi seperti unsur kepolisian, pengadilan, unsur pendidikan dan unsur-unsur terkait lainnya.

Baca Juga :  Kunker Panglima TNI Jendral Dr. Moeldoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image