BERBAGI

JBerbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 yang dilaksanakan di Lapangan Sintuwu Maroso Poso Sabtu (17/08/2020) kali ini, para peserta upacara hanya dihadiri oleh beberapa perwakilan dari kalangan ASN, TNI, POLRI serta dari tokoh agama dan tokoh masyarakat, dengan menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat, mengingat situasi masih dalam masa pandemi covid 19.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu  dan Komandan Upacara Kapten Inf. Kingking. Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 diawali dengan penyerahan Pataka kepada Bupati Poso dan pada saat detik-detik Proklamasi yang ditandai dengan bunyi sirene selama 1 menit. Dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi yang disampaikan oleh ketua DPRD Kabupaten Poso Ibu Sesi Khristina Mapeda, SH., MH Dan pembacaan do’a oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso Drs.H. Makmur Arif, M.Pd.I. Upacara ini, Dihadiri oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Para Anggota DPRD Kab. Poso, Forkopimda Kab. Poso, Sekda Kab. Poso,  Para Kepala OPD Lingkup Pemda Poso,Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tamu Undangan

Pada tahun ini, pengibaran bendera oleh pasukan Paskibraka Tim Nakula, yang dikomandani Letda Infanteri Tri Arjuna,Danton 17 Paskibraka Aditya Rizki Pratama (SMAN 1 Poso Kota), Pasukan 45 dari Batalyon 714 sintuwu maroso dan polres poso, pengawal pasukan 8 dari SUB DEN Polisi Militer Poso,  Danton 8 Paskibraka Halpraislo’d Ante Rastra Tarusu (SMAN 1 Lage), penarik bendera Moh. Ilfan Amir (SMAN 3 Poso Kota), pembentang bendera Chandra Nugraha Lianglie Taroreh (SMA GKST 2 Tentena), pendamping pembawa bendera kebangsaan Sang Merah Putih adalah Dheya Dwitari Penyami (SMA GKST 2 Tentena), petugas pembawa bendera kebangsaan Sang Merah Putih adalah Shanrisaa Reggiena Makolengsang (SMAN 2 Poso Kota Selatan).

Diakhir acara, Bupati Poso menyerahkan penganugerahan tanda kehormatan setya lencana karya satya dan penyerahan remisi tahanan.

Selanjutnya Bupati Poso Kol. Marn. (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu bersama Ketua DPRD Kab. Poso dan para Forkopimda Kab. Poso mengikuti Upacara peringatan detik” Proklamasi Kemerdekaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 75 secara virtual yang dipimpin langsung oleh presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo sebagai Inspektur upacara, bersama seluruh pimpinan daerah kabupaten/kota se-Indonesia.

Baca Juga :  Kominfo Minta Penjelasan dan Dokumen Atas Penyalahgunaan Data

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image