BERBAGI

Sesuai dengan kebijakan yang tertuang dalam peraturan Menteri Keuangan RI Nomor:40/PMK. 07/2020 Tentang perubahan atas peraturan Menteri Keuangan  Nomor:205/PMK/2019 tentang pengelolaan Dana Desa yang di gunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Dimana dana ini bersumber dari Dana Desa, selanjutnya di gunakan untuk meringankan beban ekonomi rakyat akibat dampak Virus Corona di daerah pedesaan.

Sebagai wujud tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten poso, tepatnya Jumat 30 Mei 2020, di laksanakan pemberian bantuan langsung tunai serta penyerahan secara simbolis bantuan bencana banjir yang ada di wilayah Kecamatan Lore peore dan Kecamatan Lore utara masing masing Desa Betu’e 14 kk, Desa Wanga 35 kk. Sementara penyerahan bantuan bencana banjir ini, berikan pada masing-masing Desa yaitu Desa Talabose dan Desa Betu’e Kecamatan Lore Peore, dan Desa Wuasa, Kaduwaa’, Watumaeta, Banyusari, dan Desa Alitupu dengan jumlah keseluruhan 581 kk. Bantuan ini berupa bahan makanan pokok berupa beras.Bantuan ini kiranya dapat membantu masyarakat akibat musibah banjir yang melanda wilayah tersebut. Selaku kepala BPBN (Badan penanggulangan Bencana Nasional) Noldi Tobondo,  turun langsung ke daerah yang terkena banjir, guna memastikan penyaluran ini benar- benar sampai ke wilayah yang sudah di tentukan.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam arahannya menyampaikan bahwa kehadiran kami baik itu Eksekutif dan legislatif adalah mewakili pemerintah pusat, untuk melakukan pengawasan serta komunikasi langsung dengan warga masyarakat, untuk memastikan bahwa bantuan tersebut benar- benar sudah diberikan kepada yang masyarakat yang berhak menerima. Hal ini juga untuk membuktikan bahwa kerja nyata dari pemerintah daerah kabupaten Poso bukan hanya pelaksanaan seremonial semata dalam penyerahan bantuan tersebut, melainkan selalu berupaya untuk memberikan  Informasi yang benar kepada masyarakat. Selaku kepala daerah, kami ingin mengawal Program ini sesuai dengan harapan Presiden RI lewat Menteri Desa, apakah semua program ini sudah di laksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dampak dari Covid 19 bisa di katakan bahwa segala pendapatan mengalamj penurunan untuk itu, kami bersama pemerintah Desa akan melakukan pendataan yang objektif dengan melibatkan Satuan Tugas Covid 19 yang ada di Desa dengan Tugas yang di bentuk, ungkap Bupati Poso.

Kegiatan ini di hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Poso Sesi KD Mapeda SH., MH., Wakil ketua ll Romi S.Alimin SE., bersama anggota DPRD lainnya, menyerahkan langsung bantuan secara simbolis bagi penerima manfaat Akibat dampak Covid 19. Kegiatan ini juga dihadiri kepala OPD terkait, unsur tripika,Camat/Kepala Desa Kecamatan Lore peore, Lore Utara, toko Agama, toko Adat, Serta masyarakat.

Baca Juga :  Penyerahan Dokumen LKPJ Bupati Poso Tahun anggaran 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image