BERBAGI

“Gerakan Tanam Kedelai” merupakan kebijakan, strategi langkah aksi Pemerintah Pusat, Provinsi serta Kabupaten/Kota bersama seluruh stakeholder dalam upaya mewujudkan pencapaian produksi secara berkelanjutan dalam rangka penyediaan kebutuhan kedelai nasional. Kegiatan ini dilaksanakan didesa Dewua, Kec. Poso pesisir selatan, Kamis (19/03/20), dihadiri langsung oleh Bupatu Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, Anggota DPRD Poso, Forkopimda Kab. Poso, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sulteng, Para Kepala OPD serta Para Anggota kelompok tani gerakan tanam kedelai.

Kedelai merupakan salah satu komoditi tanam pangan penghasil protein dengan harga olahannya dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat. Sektor pertanian merupakan leading sector bagi ketahanan pangan, yang bersifat multifungsi termasuk untuk menyelesaikan masalah lingkungan dan sosial. Hal ini disampaikan oleh Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sulteng, Ir. Trie Iriany Lamakampali, MM., dalam sambutannya.

Selanjutnya Bupati Poso pada sambutannya memberikan apresiasi atas kerjasama antara Dinas Pertanian Kab. Poso bersama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sulteng yang telah melaksanakan kegiatan ini, yang merupakan salah satu upaya untuk menarik minat bagi para petani untuk membudidayakan tanaman kedelai di Kabupaten Poso. Lanjut Bupati mengatakan, tanaman Kedelai memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaannya, sehingga perlu dilakukan pengelolaan secara berkesinambungan dan komprehensif. Para petani sebagai pelaksana dilapangan, harus menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai mitra pemerintah daerah. Segala bantuan yang diberikan, harus digunakan dengan sebaik-baiknya, karena bantuan yang diberikan tersebut hanyalah bersifat stimulan atau sementara sebagai modal awal. Untuk itu, mengakhiri sambutannya, Bupati Darmin berharap agar para petani dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah sesuai dengan peruntukannya,  para petani juga harus saling berdampingan dengan petani yang lain yang berbeda komoditinya, sehingga dapat terwujud perranian yang maju, mandiri, modern dan berdaya saing.

Baca Juga :  Poso Siap Dukung Pelaksanaan TDCC 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image