BERBAGI

Dalam mengantisipasi dampak dari semakin gencarnya arus globalisasi yang menerpa kehidupan masyarakat,  yang dapat memberikan dampak terhadap perubahan pola prilaku manusia, sehingga bisa meruntuhkan nilai-nilai budaya luhur yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita. Hal ini disampaikan oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, dalam sambutannya pada acara  Forum Terbuka Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Poso, yang dilaksanakan di Aula Torulemba Poso, pada hari Rabu (11/03/20).

Selanjutnya ucapan apresiasi dan terima kasih disampaikan oleh Bupati Darmin kepada jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kab. Poso, yang senantiasa berupaya melestarikan kebudayaan daerah, sebagai salah satu aset daerah yang menunjang aset kebudayaan nasional. Kegiatan ini adalah merupakan salah satu upaya kita untuk melestarikan budaya lokal daerah. Berdasarkan pasal 8 UU Nomor 5 tahun 2017 yang menyebutkan bahwa salah satu pedoman pemajuan kebudayaan nasional adalah pada pokok pikiran kebudayaan daerah kabupaten/kota. Hal ini dimaksudkan agar setiap pokok pikiran kebudayaan nasional yang dirumuskan dapat mewakili aspirasi budaya tiap-tiap daerah.

Baca Juga :  Bupati Poso melepas Pasukan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Poso

Bupati Poso berharap, agar kegiatan ini dapat merumuskan dan menyusun pokok-pokok pikiran tentang kebudayaan daerah kabupaten poso yang cerdas,  yang meliputi berbagai obyek, sehingga nantinya dapat memberikan solusi dan mampu menjawab segala tantangan global yang melanda ditengah masyarakat

Hadir dalam kegiatan ini Pokja PPKD Sesditjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sulteng,  Ketua badan pembina Lappos Kab. Poso, Ketua dewan adat Poso, Para tokoh adat Poso, Para pejabat lingkup Pemda Poso, serta para tamu undangan peserta rapat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image