BERBAGI

Kegiatan Perayaan Hari Ulang Tahun Kota Poso ke-125 yang digelar di Lapangan Maroso, Rabu (04/03/20) diawali dengan devile dari 3 kecamatan yakni Poso Kota, Poso Kota Utara dan Poso Kota Selatan. Perayaan HUT Kota Poso kali ini dihadiri oleh Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si, Kepala-Kepala Daerah se-Sulawesi Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Poso bersama anggota, Anggota FKPD, Pimpinan BUMN/BUMD, Tokoh-tokoh masyarakat, perempuan dan tamu undangan lainnya. Dalam Peringatan ini juga dilakukan Peresmian Tribun Lapangan Maroso, Renovasi Kantor Bupati Poso dan Ruang Terbuka Hijau yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Poso.

Sebelum membacakan sambutannya, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn)Darmin Agustinus Sigilipu mengajak segenap masyarakat Kota Poso dan tamu undangan yang hadir untuk mendoakan masyarakat Desa Lengkeka Kecamatan Lore Barat yang ditimpa bencana Banjir Bandang. “Dalam Perayaan HUT Kota Poso kali ini, kita juga diperhadapkan dengan musibah yang dialami oleh saudara-saudara kita di desa Lengkeka, untuk itu  saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kota Poso bahkan Bapak/Ibu tamu undangan yang hadir saat ini, sejenak kita tunduk mendoakan saudara-saudara kita yang ditimpa bencana banjir bandang ajak Bupati Darmin membuka sambutannya. Di tengah guyuran hujan, Ia pun berdiri membacakan sambutannya dan memimpin langsung doa bersama bagi masyarakat Desa Lengkeka yang dilanjutkan dengan pengumpulan aksi penggalangan dana secara spontan guna membantu korban bencana tersebut dan berhasil terkumpul sekitar Rp 21.074.000,-.

Baca Juga :  MUSREMBANG RKPD KABUPATEN POSO 2021

Senada dengan Tema yang diusung “Wujudkan masyarakat Poso yang kreatif dan berdaya saing menuju Kota Poso Cerdas meraih Adipura” sejumlah kegiatan pun telah digelar dalam rangka memeriahkan perayaan HUT Kota Poso di tahun ini. Dr. H. Faidul Keteng, ST,  MT selaku Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut seperti Funbike dan Adventure yang diikuti oleh peserta se-Sulawesi Tengah, Touring Jelajah Wilayah Sulawesi bersama Pemprov Gorontalo, Kejuaraan Panahan Bupati Cup se-Sulawesi Tengah, Festival Pangan Cerdas yang terdiri dari Lomba Cipta Menu B2SA, Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan dan Gerakan Masyarakat Pecinta Sayur dan Buah, Fun run 4,125 Km, Pameran pembangunan daerah, Opening Art Jingle Show & Grand Final Show Poso Tourism Carnival dan masih banyak kegiatan kreatif lainnya.

Baca Juga :  Penilaian Tahap V Kabupaten Poso, Menuju Penghargaan Pembangunan Daerah

Selanjutnya, dalam sambutan Gubernur Sulawesi Tengah, yang dibacakan oleh Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si., mengatakan turut prihatin atas bencana banjir bandang yang terjadi di Desa Lengkeka dan selanjutnya mengajak kepada semua masyarakat Kota Poso selaku Ibukota Kabupaten agar tetap terus menjaga persaudaraan dan persamaan, karena menurutnya lagi dengan kondisi kehidupan masyarakat yang aman dan tenteram akan memberikan perubahan dalam perjalanan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan yang lebih baik di Kabupaten Poso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image