BERBAGI

KOMINFOSANDI-Selasa, (03/03/20) Sekitar 900 warga desa Lengkeka dan Desa Kageroa, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah mengungsi ke tempat yang aman, setelah banjir bandang menerjang desa tersebut sekitar pukul 15.00 wita. Banjir bandang yang masuk ke pemukiman Warga itu diperkirakan akibat curah hujan yang cukup tinggi pada beberapa hari sebelumnya. Data korban sementara yang masuk pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kab. Poso yaitu 1 orang warga desa hilang yang sementara dalam pencarian, 11 rumah rusak berat dan 51 rumah rusak ringan.

Setelah mendapat informasi atas bencana tersebut, saat itu juga Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menginstruksikan kepada Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kab. Poso, untuk segera menurunkan  personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Pusdal Ops ke lokasi bencana. BPBD Kab. Poso langsung bergerak cepat mengidentifikasi lapangan, yang selanjutnya menurunkan 3 Tim TRC Pusdal Ops dilepas dan dipimpin langsung oleh Kalak BPBD Kab. Poso Noldi Tobondo, ST., MT yang ikut turun langsung ke lokasi bencana.

Baca Juga :  Bantuan Wapres

Sekretaris BPBD Kab. Poso, Musdar, SE., MM., dalam wawancaranya mengatakan, Tim yang turun ke lokasi bencana merupakan Tim Reaksi Cepat (TRC) Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) yang membawa sejumlah bantuan serta perlengkapan diantaranya Sembako, Tenda pengungsian, Selimut, Alat penerangan, Alat komunikasi, serta perlengkapan lainnya. Dalam wawancaranya Musdar juga mengatakan, sejumlah personil dari BPBD Kab. Poso juga ikut mendampingi Tim dari Balai Bangunan Prov. Sulteng yang membawa bantuan Mobil tangki air bersih, WC mobile dan sembako.

Tidak hanya dari BPBD Kab. Poso, Tim dari Basarnas Provinsi Sulteng, PMI Kab. Poso, serta Dinas Sosial Kab. Poso, juga menurunkan personilnya dalam penanganan bencana tersebut. Tim ini membawa sejumlah bantuan logistik dan perlengkapan kesehatan.

Baca Juga :  Pangdam VII Wirabuana Kunjungi Bumi Sintuwu Maroso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image