BERBAGI

Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tahun 2020 Cluster III Pamona Timur, Tenggara dan Selatan, di Gedung Pertemuan Desa Pendolo Kecamatan Pamona Selatan, Kamis (13/02/20). Dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Poso, Pimpinan OPD dan seluruh Perangkat desa, LPM, BPD dan tokoh-tokoh masyarakat di wilayah Cluster III, Musrenbang tahun ini mengambil tema “Terwujudnya Poso Cerdas melalui pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur yang didukung SDM yang andal dan bermartabat”.

Meningkatnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita Kabupaten Poso diawali dari tahun 2016 yang naik 30,2 milyar hingga di tahun 2018 berada pada nilai 34,7 milyar dimana sektor pertanian, kehutanan dan perikanan merupakan sektor penyumbang PDRB terbesar. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Poso, Herningsih Tampa’i saat melaporkan Pencapaian dan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Poso. Tak hanya sampai di peningkatan PDRB, dilaporkan juga bahwa di tahun 2018 Kabupaten Poso menempati posisi ke-4 tertinggi se-Provinsi Sulawesi Tengah dengan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 6,19 menggantikan posisi Kabupaten Banggai Laut. Lanjut Kepala Bappelitbangda Herningsih, dalam Laporan Pencapaian Pembangunan Kabupaten Poso oleh Bappelitbangda Kabupaten Poso, “Ini semua merupakan capaian hasil kinerja Pemerintah Daerah yang diterapkan oleh Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri dengan pola kerja K3I, yakni Komunikasi, Koordinasi, Kerjasama serta saling memberikan Informasi dalam menjalankan roda pemerintahannya”. Selain itu juga, Ia menambahkan bahwa Pemerintah Daerah saat ini tidak berpuas diri dengan segala prestasi dan kemajuan pembangunan yang ada, melainkan hal ini merupakan motivasi serta semangat untuk dapat memberikan pelayanan kinerja yang terbaik bagi pembangunan di Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Poso Mulai Berbenah Dengan Ruang Terbuka Hijau

 

Ketua DPRD Kabupaten Poso, Sesi Kristina Mapeda, SH, MH dalam arahannya mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah yang dinilainya memiliki perencanaan yang cerdas, sehingga menghasilkan capaian pembangunan yang berkualitas pula. “Karena Musrenbang yang diadakan ini merupakan kegiatan penting yang sudah menjadi agenda tahunan karena memberikan ruang bagi masyarakat untuk saling bertemu mendiskusikan permasalahan di wilayahnya masing-masing serta memutuskan apa yang menjadi prioritas pembangunan jangka pendek” terang Ketua DPRD Kabupaten Poso.

 

Sementara itu dalam sambutan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan bahwa Pemerintah Daerah saat ini bukan saja hanya bekerja keras melainkan selalu berupaya kerja cerdas. “Bekerja itu bukanlah hanya tentang bekerja keras semata, melainkan yang paling utama adalah bagaimana kita dapat bekerja secara cerdas. Kalau hanya bekerja keras, tentulah yang akan kita dapatkan hanya lelah atau capek, tetapi apabila kita bekerja secara cerdas, tentunya hasilnya akan kelihatan jelas atau nampak” terang Bupati Darmin. Selaku Kepala Daerah, Ia berharap agar Kepala Desa maupun Camat memiliki visi dalam memimpin desa atau wilayahnya masing-masing sehingga apa yang akan dikerjakan dalam kegiatan pembangunan itu benar-benar terarah dan tepat guna. “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membentuk pondasi yang kuat dan cerdas dalam membangun Kabupaten Poso, karena kami yakini bahwa apabila pondasi yang kuat sudah terbentuk maka hasil tujuan dari pembangunan di Kabupaten Poso akan semakin terlihat jelas” jelas Bupati Darmin.

Baca Juga :  Sosialisasi Keunggulan Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Kegiatan ini juga diisi dengan laporan skala prioritas perencanaan pembangunan dari masing-masing kecamatan yang ada di Cluster III. Hal ini bertujuan untuk menyuarakan kebutuhan masyarakat di wilayahnya masing-masing. Menurut Bupati Darmin, ini merupakan pendekatan bottom-up dimana suara masyarakat bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran dan proyek-proyek pembangunan desa yang disusun.

 

Sebelum penandatangan berita acara pun, Bupati Darmin kembali membuka kesempatan bagi Pimpinan OPD agar menyampaikan sejumlah program yang akan dilaksanakan di wilayah Cluster III di tahun 2020. Selain itu juga, Ia memberikan kesempatan kepada masyarakat wilayah Cluster III agar menyampaikan secara langsung apa yang belum tersampaikan dalam ‘mogombo lipu’ sebelumnya, dimana hal ini menurutnya merupakan beban tanggung jawab Pemerintah Daerah yang harus dipenuhi dalam mengemban tugas yang sudah dipercayakan oleh masyarakat Kabupaten Poso terhadap Pemerintah Daerah.

Baca Juga :  Bupati Poso Serahkan Langsung Bantuan Gerobak Jualan Kepada PKL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image