BERBAGI

Disaksikan langsung Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah Ardiansyah Lamasitudju, S.Pd.,M.Si, , Ketua DPRD Poso Sesi Kristina Dharmawati Mapeda, SH., MH., Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edwar Guluda, SH, MH, Rektor Unkrit, Rektor Unsimar, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, meresmikan Gedung Baru Perpustakaan Daerah Kabupaten Poso, pagi tadi Rabu, (12/02/20). Kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah Kepala Sekolah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

 

Bupati Darmin dalam sambutannya menyampaikan, buku merupakan jendela dunia yang mengantarkan kita dapat berpikir global dan cerdas sehingga berbagai tantangan dapat terpecahkan dengan solusi dan formulasi yang tepat. Karena dengan banyak membaca tidak saja membuat kita cerdas tetapi juga menuntun kita untuk dapat berpikir dan bertindak lebih bijak. Bupati dalam sambutannya juga berpesan, agar fasilitas gedung baru perpustakaan daerah ini dapat dijaga dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Baca Juga :  Sejumlah OPD Jadi Peserta Simulasi Kontijensi Tanggap Bencana Kabupaten Poso 2018

Dengan ruang baca yang sejuk dan nyaman ini, diharapkan dapat menambah minat baca masyarakat, sejalan dengan visi misi “Mewujudkan masyarakat Kabupaten Poso yang damai, adil dan sejahtera yang didukung sumber daya manusia yang handal dan bermartabat” . Yang bukan hanya wacana dan konsep belaka, namun setahap demi setahap visi misi ini bisa diwujudkan . Hal ini dibuktikan dengan capaian prestasi dan kinerja yang telah dipersembahkan bagi tanah sintuwu maroso, baik dari pemerintahan maupun dari masyarakat yang memiliki kemampuan SDM yang dapat mendukung peningkatan kesejahteraan dan kehidupan masyarakat poso yang lebih baik. Terang Darmin.

 

Selanjutnya dalam sambutan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah Ardiansyah Lamasitudju, S.Pd.,M.Si, memuji dukungan Pemerintah Daerah terhadap tersedianya perpustakaan daerah yang representatif serta langkah-langkah inovatif Pemda dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat. Menurutnya, dengan adanya sarana bangunan baru perpustakaan ini dapat mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Acara peresmian Gedung tersebut diwarnai dengan penampilan Tari Motaro dari Poso Pesisir, Pembacaan Puisi dari duta baca Poso. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah juga menyampaikan, kegiatan ini juga sesuai dengan Visi Misi Presiden RI yaitu, menjadikan sumber daya manusia yang unggul untuk Indonesia maju, dan Visi Misi Gubernur Sulawesi tengah maju, mandiri dan berdaya saing yang  handal dan bermartabat, melalui pengembangan Literasi. Beliau juga berpesan, hanya orang yang memiliki Informasi banyak bisa mengembangkan kesejahteraan, maka tugas perpustakaan adalah untuk memperbanyak Informasi dan jadikan perpustakaan sebagai sumber informasi, baik Informasi cetak maupun digital, melalui  program saat ini sesuai Pemendagri No.18 Tahun 2018,bahwa ada namanya pengembangan perpustakaan yang berbasis sosial yang melayani seluruh ETNIS masyarakat tanpa memandang bulu melalui Aplikasi.

Baca Juga :  Pemandangan Umum Legislatif Terhadap Penjelasan 4 (Empat) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Poso

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image