BERBAGI

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Cluster Il Tahun 2020 dengan tema “Terwujudnya Poso Cerdas Melalui Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Infrastruktur yang di dukung SDM yang Andal dan Bermartabat”, resmi dibuka oleh Bupati Poso yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH, Kegiatan ini berlangsung di Sangele, (08/02/2020). Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Poso , Para pimpinan OPD, para Camat, Lurah, Kepala Desa serta unsur tripika kecamatan dan para camat yang membacakan hasil perengkingan usulan Mogombolipu untuk menjadi bahan acuan demi terciptannya masyarakat yang sejahtera.

 

Dalam Sambutan Bupati Poso yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa sesuai amanat UU no. 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permen Dalam Negeri no. 86 tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda tentang RPJPD, RPJMD dan RKPD, serta perda no. 8 tahun 2010 tentang sistem perencanaan pembangunan daerah Kabupaen Poso, maka setiap tahun pemerintah daerah wajib menyusun Dokumen Rencana Pembangunan. Proses penyusunan dokumen RKPD Tahun 2021 selain berpedoman pada Visi Misi Kabupaten Poso memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah daerah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan melalui musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang), baik di tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai ke tingkat Kabupaten dan ke tingkat Provinsi dan Nasional. Sebagaimana diatur dalam perda no. 8 tahun 2010 pasal 19 ayat 3 menyatakan : peserta musrenbang kecamatan sekurang kurangnya terdiri atas unsur pemerintah desa/kelurahan, lembaga masyarakat desa, organisasi sosial, organisasi keagamaan dan tokoh masyarakat setempat di dampingi oleh aparat pemda dengan melibatkan peran serta perempuan dan pemuda.

Baca Juga :  KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN REVIEW ZONASI DI KABUPATEN POSO

 

Hal ini menunjukan peranan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan, karena masyarakat adalah subyek sekaligus obyek pembangunan melalui pelaksanaan program prioritas dengan meningkatkan pelayanan dasar masyarakat baik dari bidang infrastrukur, pendidikan dan kesehatan, serta sekaligus meningkatkan daya saing sektor unggulan daerah berupa bidang pertanian, perkebunan dan pariwisata. Serta mengoptimalkan peningkatan tata kelola pemerintah yang baik, bersih dan berkeadilan.

Lanjut dikatakan Sekda bahwa untuk mewujudkan Poso yang maju maka ditetapkan 3 prioritas pembangunan tahun 2021 :
1. Meningkatkan pelayanan dasar masyarakat
2. Meningkatkan daya saing sektor unggulan daerah
3. Meningkatkan tata kelola pemerintah yang baik.

 

Untuk itu, dalam mengimplementasikan tagline Poso Cerdas, Pemda telah merumuskan didalam dokumen revisi/perubahan RPJMD Kabupaten Poso tahun 2016-2021, yaitu :
– Tingkat kriminalitas dan paham radikalisme yang terus menurun.
– Ekonomi Cerdas yang di ukur dari pendapatan perkapita yang meningkat serta tingkat pengangguran yang menurun
– Pertanian Cerdas dengan produktivitas yang meningkat
– Pariwisata Cerdas dengan peningkatan jumlah wisatawan
– Infrakstur Cerdas
– Pemerintah Cerdas di ukur dari opini BPK, nilai Sakip dan tingkat kepuasan masyarakat.

Baca Juga :  Jumpa Berlian Setiap Minggu!

Sekretaris Daerah Kabupaten Poso dalam sambutannya juga mengharapkan melalui Musrenbang Kecamatan Tahun 2020 ini dapat menghasilkan ide-ide dari masyarakat yang di aspirasikan melalui pemerintah Desa dan Kecamatan untuk membangun Tana Poso yang lebih baik, yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Poso.

 

Ketua DPRD Kabupaten Poso, Sesi Kristina D. Mapeda, SH, MH yang hadir pada kegiatan ini memberikan arahan, agar Musrenbang tingkat kecamatan ini dilaksanakan dengan sebaik baiknya, memberi masukan aspirasi yang membangun untuk pembangunan kabupaten Poso yang lebih baik.

 

Selanjutnya Kepala Bapelitbangda Kabupaten Poso  Ir. Heningsih E.G Tampai, M.Si, dalam laporannya memaparkan berbagai capaian yang telah diraih oleh Kabupaten Poso hingga tahun 2020 dibawah pimpinan Bupati Poso Darmin A Sigilipu.

Baca Juga :  Pembukaan Pasar Pebato Kasiguncu

 

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyampaian kegiatan kegiatan dari masing masing Kepala OPD ( Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perikanan, Dinas Perumahan dan kawasan pemukiman, Badan Penanggulangan Bencana Daerah), yang diakhiri dengan pembacaan dan penandatangan Berita Acara Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2020.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image