BERBAGI

Bertempat di ruang pertemuan Dinas Ketahanan Pangan Kab. Poso, kamis (06/02/20) Bupatu Poso yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM, Ir. Abdul Kahar Latjare, SP., M.Si., membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengurus Lumbung Pangan Masyarakat Kabupaten Poso. Kegiatan ini dihadiri oleh para anggota DPRD Kab. Poso, Para Kepala OPD lingkup Pemda Poso dan Para peserta Rakor.

 

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan laporan panitia pelaksana oleh Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kab. Poso, Meyke Nggopel, SE., M.Si, dalam laporannya menyampaikan latarbelakang dilaksanakan kegiatan ini karena pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap manusia. Untuk memenuhi kebutuhan pangan yang cukup, baik jimlah maupun mutu yang aman, merata dan terjangkau, diperlukan pengelolaan cadangan pangan seluruh komponen masyarakat, yaitu dengan menumbuhkembangkan sekaligus memelihara tradisi masyarakat secara perorangan maupun kelompok, untuk menyisihkan sebagian hasil panen untuk cadangan pangan dengan cara membangun lumbung pangan masyarakat.

Baca Juga :  Pembukaan Musrembang RKPD 2019 Tingkat Kabupaten

Ir. Abdul Kahar yang membacakan sambutan Bupati Poso mengatakan, Rakor yang dilaksanakan ini sesungguhnya memiliki arti penting dalam peningkatan kualitas pengelolaan lumbung pangan, meningkatkan administrasi lumbung panagan serta dalam upaya meningkatkan SDM untuk para pengurus lumbung pangan yang ada di Kab. Poso.

Selanjutnya, Bupati Poso dalam sambutannya menegaskan kepada Dinas Ketahanan Pangan Kab. Poso, agar lebih berperan aktif dalam menumbuhkan tingkat kesadaran masyarakat dan memprioritaskan pembangunan-pembangunan lumbung pangan desa pada tempat yang strategis, sehingga masyarakat lebih mudah untuk menyimpan dan menyisihkan sebagian daru hasil panennya. Bupati juga berharap agar seluruh peserta serius mengikutu kegiatan ini. Karena kegiatan ini adalah untuk pembina lumbung pangan desa yang nantinya dapat meningkatkan SDM para petani atau kelompok, dalam mengelola lembaga cadangan pangan masyarakat desa sekaligus untuk mendukung swasembada beras di negeri sintuwu maroso.

Baca Juga :  Sosialisasi Amnesti Pajak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image