BERBAGI

KOMINFOSANDI-Selasa (04/02/20), Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama Para Kepala OPD Lingkup Pemda Poso dan Kasubag Programnya, hadir di Ruang Samudra Pasai, Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI), guna menindaklanjuti pertemuan antara Bupati Poso bersama Muh. Yusuf Ateh, AK.MBA., selaku Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB RI pada beberapa hari yang lalu. Maksud dan tujuan dikumpulkannya Kepala-Kepala OPD bersama Kasubag Program di tiap-tiap instansi ini adalah hasil koordinasi yang dilakukan Bupati Darmin bersama Kemenpan RB terkait dengan peningkatan kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) di Kabupaten Poso. Kegiatan ini merupakan pendampingan dan pembimbingan yang diberikan langsung oleh Kemenpan RB dalam meningkatkan sistem perencanaan, penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan pemerintah daerah.

 

Kehadiran Bupati Poso bersama Para Kepala OPD dan Para Kasubag Program ini bukan suatu hal yang mudah. Pertemuan merupakan permohonan langsung dari Bupati Darmin kepada  Muh. Yusuf Ateh, AK.MBA selaku Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB RI, dalam rangka memperbaiki tata kelola system perencanaan kinerja para Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Poso, dalam menaikan tingkat atau level kualitas system pertanggungjawaban kinerja serta pengendalian manajemen dalam pemerintahan. Dengan melibatkan langsung para Pimpinan OPD dan Kasubag Programnya dalam upaya perbaikan system perencanaan di Pemkab Poso, menurut Bupati Darmin, ini merupakan langkah kerja partisipasi aktif untuk menata serta memperbaiki system pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah daerah. Untuk itu, saya akan terus mendampingi dan mengawal proses kegiatan ini dan menginstruksikan kepada Para Pimpinan OPD agar mampu memanfaatkan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya untuk menyelesaikan segala tugas yang diberikan. Bagi pejabat yang tidak mampu melaksanakan tugas ini, saya akan mengambil tindakan, mohon maaf jika hal ini sampai terjadi, karena ini untuk kepentingan Pemerintahan Daerah, untuk daerah kita Kabupaten Poso. Hal ini memang dibutuhkan pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran, yang sudah menjadi tanggung jawab kita kepada masyarakat Kabupaten Poso, maka jangan abaikan hal tersebut. tegas Bupati Darmin di hadapan Para Pimpinan OPD.

Baca Juga :  Pengarahan Bupati Poso Untuk CPNS 2

Sementara itu, asisten deputi koordinasi pelaksanaan kebijakan dan evaluasi reformasi birokrasi, akuntabilitas aparatur dan pengawasan III. Kemenpan RB  Ibu Naftalina Sipayung. SH, MAP. Dalam Pertemuan di ruang kerjanya bersama Bupati Darmin didampingi Kepala Bappelitbangda dan Kabag Organisasi Setdakab Poso, mengaku bahwa memang benar tindakan ini merupakan langkah tepat yang harus diambil oleh Kepala Daerah dalam menaikkan level kualitas SAKIP di Pemerintahannya. “Karena pembimbingan dan pendampingan yang kami lakukan berada di bawah Tim Khusus yang menangani masalah SAKIP sehingga sekiranya Kabupaten Poso dapat menerima ilmu baru untuk dapat meningkatkan kualitas kerjanya ke depan”. Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin dan hasil dari kegiatan ini harus segera di implementasikan, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan ini mempunyai manfaat. Memang tidak mudah untuk melakukan perubahan.  ungkap Ibu Naftalina.

Baca Juga :  Forum Komunikasi Pengelolaan Pengadaan Barang Dan Jasa (FKP2BJ) Kabupaten Poso

Bupati Darmin pun berterima kasih atas kerjasama yang telah diberikan oleh Kemenpan RB RI dalam mendukung terselenggaranya perbaikan-perbaikan system pelaporan yang berkualitas di Kabupaten Poso. Menurutnya bahwa ini merupakan tanggungjawab Pemda Poso untuk dapat lebih mempertanggungjawabkan lagi system pelaporan yang ada sehingga dengan adanya peningkatan kualitas SAKIP ini diharapkan dapat mendukung terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, dan terwujudnya pemerintahan yang bersih serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image