BERBAGI

Bertempat di gedung PGRI Kabupaten Poso, kamis  (16/01/20) dilaksanakan kegiatan Rapat Kerja Guru Pendidikan Dasar, dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Poso,Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten poso,Inspektur inspektorat kabupaten poso, Koordinator SP3 Se Kabupaten Poso  dan seluruh kepala sekolah peserta rapat koordinasi, yang dibuka langsung oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

Dalam sambutannya, Bupati Poso menyampaikan ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena saat ini bisa bertemu dengan para pahlawan tanpa tanda jasa, para guru pendidik generasi bangsa dari tingkat dasar lingkup SD dan SMP se Kabupaten Poso. Mengingat bahwa begitu banyak agenda dan tantangan yang harus kita hadapi kedepan. Dimana selain memulai kegiatan belajar mengajar, juga kita diperhadapkan dengan perubahan regulasi yang terkait dengan kebijakan pendidikan dari pusat hingga daerah. Dimana arah dan kebijakan pemerintah dari pusat maupun daerah saat ini adalah menitikberatkan pada pembangunan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan pendidikan karakter dengan prinsip religius, nasionalis, integritas, gotong royong dan mandiri.  ini salah satu jalan poros menuju cita cita besar bangsa indonesia yaitu menjadikan indonesia sebagai negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, dan sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa arahan pembangunan kabupaten poso adalah mewujudkan sumber daya manusia yang handal.  Tetapi saya sangat optimis, dengan spirit dan kemampuan tenaga pendidik di kabupaten poso, semua akan bisa di implementasikan dalam proses pembelajaran yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Untuk itu, saya berterima kasih dan sangat mengapresiasi kepada Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten poso serta seluruh panitia atas terlaksananya kegiatan ini, ungkap Bupati.

Selanjutnya Bupati Darmin mengatakan, dalam rapat koordinasi kepala sekolah ini memiliki nilai esensial karena bersifat tematik, yaitu terkait dengan pengawasan pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah. Dan kami sangat memahami dan menyadari bahwa tugas guru kedepan akan semakin besar, selain bertugas belajar dan mengajar, disaat yang bersamaan para guru akan di perhadapkan dengan berbagai kegiatan administrasi, penerapan aplikasi berbasis teknologi dan persoalan lainnya yang membutuhkan perhatian dan konsentrasi lebih, karena dituntut harus mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan pada saat yang bersamaan sehingga tenaga pendidik berupaya memiliki kemampuan multi tasking agar tuntas  tanggungjawabnya pada waktu yang ditentukan. Dari berbagai informasi saat ini yang bersama-sama  kita dengar dan saksikan bahwa saat ini ada sekolah yang terpaksa harus berhadapan dengan hokum, karena terkait dengan persoalan administrasi baik berupa pungutan, sumbangan, dan penggunaan dana BOS yang tidak tepat. Ini harus menjadi pelajaran bagi para guru, khususnya kepala sekolah selaku pimpinan tertinggi di sekolah untuk selalu mengupdate informasi terkait dengan regulasi yang menjadi pedoman dalam pengelolaan keuangan di sekolah. Selain itu, Bupati Darmin juga berharap agar para kepala sekolah nantinya perlu melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan inspektorat maupun aparat penegak hokum, sebagai upaya pencegahan baik secara formal maupun informal, agar berbagai kemungkinan terburuk akan dapat dihindari.

Diakhir sambutannya, Bupati Poso  Darmin Agustinus Sigilipu berpesan agar kita senantiasa meningkatkan disiplin dalam bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara dan saat ini kita merasakan berbagai capaian keberhasilan serta prestasi pemerintahan di kabupaten poso, hal ini perlu kita pupuk terus dan dilanjutkan. Bupati Darmin berharap kepada para guru untuk dapat bekerjasama dalam membangun kabupaten poso agar menjadi lebih baik dan mendorong peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten poso sehingga mampu membentuk sumber daya manusia yang cerdas, berkarakter serta mampu bertahan terhadap perubahan yang dinamis dan dapat berperan dan mengisi jalannya pembangunan di negeri yang sangat kita cintai ini dalam mencetak generasi emas di tahun 2045 nanti. Hal ini tidak dapat dilakukan sendiri, tetapi membangun sinergi dan harmonisasi seluruh warga sekolah dengan mengesampingkan berbagai kepentingan pribadi serta tendensi dengan melibatkan pemerintah, orang tua peserta didik, serta masyarakat. saya mengutip pepatah bijak “ apabila kita diberikan amanah kecil, kemudian kita tunaikan dengan kesungguhan yang besar, maka berarti kita sedang menyiapkan diri untuk diberikan amanah yang lebih besar”.

Pada akhir kegiatan, Bupati Poso menyerahkan secara simbolis Surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah jenjang TK, SD dan SMP Negeri/Swasta, melalui dana APBD dan APBN tahun 2019.

Baca Juga :  KKN TEMATIK NKRI UNHAS PERKOKOH PERSATUAN DAN KESATUAN MASYARAKAT SINTUWU MAROSO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image