BERBAGI

Bertempat di lapangan Sintuwu Maroso, KPU kabupaten Poso melaksanakan kegiatan Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Poso Tahun 2020, Jum’at (13/1219), yang sebelumnya di awali dengan kegiatan jalan santai, senam bersama,dan juga pelepasan balon, perkenalan Maskot pemilihan kepala daerah yang berwujud ikan sidat oleh ketua KPU Budiman Maliki.

Dalam sambutan ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah yang disampaikan oleh Samsul Gafur (anggota KPU divisi tekhnis) mengatakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaran pemilihan kepala daerah. Seperti beberapa tahapan  penting yang dilaksanakan oleh KPU untuk di sampaikan kepada masyarakat.  Untuk itu perlu adanya kegiatan sosialisasi seperti ini, dalam upaya meningkatkan pemahaman serta pengetahuan kepada masyarakat tentang penyelenggaraan  pemilihan atau biasa di sebut dengan PILKADA. Sebetulnya dari aspek penyebutan, berdasarkan pada UU 10 kita sudah tidak bisa lagi menggunakan istilah PILKADA. Karena berdasarkan UU 32 tentang pemilihan pemerintah daerah, kini disebut dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Samsul juga menambahkan, bahwa kita perlu memberikan pemahaman yang lebih pada masyarakat. Sehingga akan muncul kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak nya,  baik hak untuk dipilih maupun hak untuk memilih. Terkait dengan itu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat adalah merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menyampaikan informasi kepada mereka.

Mengakhiri sambutannya, Samsul juga menyampaikan, bahwa siapapun warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk mencalonkan diri di persilahkan, baik itu dari jalur perseorangan maupun di usung dari partai politik, sepanjang memenuhi ketentuan yang ada.

Sementara itu Bupati Poso, Kolonel marinir (purn) Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan, bahwa launching pilkada serentak 2020 telah di laksanakan di Jakarta pada tgl 23 September yang lalu, sebagai tanda bahwa KPU mulai fokus terhadap proses awal PILKADA. Melalui Lounching ini, bupati Darmin berharap KPU Kabupaten poso mampu untuk melaksanakan tahapan- tahapan pilkada ini secara serentak. Sehingga dalam pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah dapat berjalan aman dan lancar, demokratis, jujur dan adil. Bupati juga berharap bagi para partai pendukung maupun relawan, nantinya dapat menyikapi hal ini secara Arif dan bijaksana. Karena pelaksanaan pilkada ini semata mata hanya untuk kemajuan daerah.

Jangan hanya perbedaan pilihan politik kita jadi bercerai barai dan saling hujat bahkan melempar brita Hoaks, mari kita berbeda pandangan politik namun tujuan dan Visi kita sama untuk memajukan daerah  tanah poso ini agar lebih maju dan bermartabat.

Pada kegiatan ini di hadiri oleh Wakil Bupati Poso Ir, Samsuri M. si, anggota DPRD Kab poso

dan para tamu undangan lainnya.

Baca Juga :  Wakil Konsulat Amerika Serikat Surabaya Kunjungi Poso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image