BERBAGI

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kab. Poso melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Ruang Pogombo kantor Bupati Poso, Rabu (11/12/19). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA). Dihadiri oleh Anggota FKPD Kab. Poso, Kepala Dinas Dukcapil Prov. Sulawesi Tengah, Para kepala OPD dan Peserta sosialisasi.

Dalam sambutan Bupati poso yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Poso, Frits Sam Purnama, SH., MAP, yang membuka kegiatan ini menyampaikan administrasi Dukcapil merupakan rangkaian kegiatan untuk menata dan menertibkan data penduduk melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, dimana pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lainnya. Dukcapil adalah suatu lembaga resmi pemerintah yang menangani data kependudukan, yang merupakan basis utama pada kegiatan pembangunan baik yang bersifat sektoral maupun lintas sektor. Dengan kata lain, penduduk harus menjadi subjek sekaligus objek dalam pembangunan.

Mengakhiri sambutannya, Frits Sam Purnama juga mengatakan salah satu tugas dari Dinas Dukcapil adalah untuk mencatat, mendaftarkan serta membukukan selengkap mungkin setiap peristiwa penting terkait dengan status pendataan seseorang. Kemudahan masyarakat dalam memperoleh akses pelayanan bidang kependudukan dan pencatatan sipil  merupakan salah satu indikator keberhasilan pemerintah dalam memberikan perlindungan hukum kepada warganya. Hal ini tentu tidaklah mudah, untuk itu diharapkan  kepada seluruh peserta sosialisasi agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan baik, agar nantinya dapat memahami apa yang harus dilakukan.

Baca Juga :  Bupati Poso Ikuti Jalan Sehat di Makassar Bersama Presiden RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image