BERBAGI

Seratus hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tepatnya di tanggal 25 November 1945 merupakan hari bersejarah bagi para guru, dimana puluhan organisasi guru yang berbeda faham dan golongan sepakat untuk melebur menjadi satu dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Pelaksanakan Upacara di Kabupaten Poso dalam rangka Hari Ulang Tahun PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional yang di pusatkan di Doda Lore Tengah, merupakan wujud dalam mengenang kembali semangat perjuangan serta niat mulia para guru diseluruh tanah air, Senin (25/11/19). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sugilipu, Ketua DPRD Kabupaten Poso, Anggota FORKOMPIMDA Kabupaten Poso, Para Kepala OPD, serta para Guru se Kabupaten Poso.

Dalam sambutan Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd yang dibacakan oleh Bupati Poso selaku pembina upacara menyampaikan, PGRI merupakan wadah perjuangan para guru pendidik dan tenaga kependidikan dalam memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan, serta berkhidmat memajukan Pendidikan nasional. Memaknai Visi Presiden Republik Indonesia “ SDM Maju Indonesia Unggul ” dimana menempatkan dunia Pendidikan sebagai prioritas utama dan meletakan Pendidikan dalam konstelasi pembangunan bangsa. Hal inilah yang menjadi tema pada HUT PGRI ke-74 “ Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan Indonesia Unggul”. Tema ini secara substansial padu-padan dengan tema Hari Guru Nasional dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan “ Guru Penggerak Indonesia Maju “.

Baca Juga :  Bupati Poso Tinjau Langsung Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional

Seiring dengan tumbuh pesatnya kemajuan teknologi, komunikasi dan informasi yang secara beriringan membawa dampak positif dan negative dalam kehidupan masyarakat, tidak terkecuali dalam proses pembelajaran disekolah. Untuk itu, PGRI dalam hal ini berkomitmen terhadap pentingnya literitas digital bagi guru, siswa dan orang tua. Dimana pada era digital sekarang ini, ruang kelas bukan lagi satu-satunya ruang untuk belajar dan guru bukan lagi satu-satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Namun yang harus kita sadari dan kita tanamkan pada diri dan anak-anak kita, bahwa seberapa banyak, laju dan majunya teknologi dengan segala turunannya, sejatinya tidak akan pernah dan mampu untuk menggantikan seorang Guru.

Baca Juga :  Upacara Peringatan Hardiknas Di Poso

Kegiatan ini diakhiri dengan Penyerahan Piala Bergilir Bupati Poso bagi Juara Umum Porseni dalam rangka Peringatan HUT PGRI Ke-74 Tkt. Kab. Poso Tahun 2019 diraih oleh PGRI Kec. Poso Kota, Penyerahan Piagam Penghargaan bagi Guru Berprestasi Tahun 2019 oleh Bupati Poso Kepala TK Berprestasi An. Ibu Nuraini, S.Pd, Guru SD Berprestasi An. Ibu Amni Hasan, S.Pd, Pengawas SMP Berprestasi An. Bpk. Abd. Rahman, S.Pd. MM, Kepala SMK Berprestasi An. Ibu Teti Mantadji, S.Pd. M.Pd, Guru SMK Berprestasi Lomba Keahlian Tehnik Pemesinan An. Bpk. Sahrir, S.Pd, Guru Berprestasi Lomba Keahlian Tehnik Instalasi Tenaga Listrik An. Bpk. Muh. Syarif Ali, S.Pd. M.Pd, Penyerahan Cenderamata bagi Guru Purna Bakti Wilayah Kec. Poso Pesisir Selatan Tahun 2019 dan Penyerahan Bantuan Perlengkapan bagi Anak Sekolah Berprestasi Tkt. SD 5 Org, SMP 10 org dan SMK 8 org di wilayah Kec. Lore Tengah.

Baca Juga :  Silaturrahmi Akademik & Syukuran Civitas Akademika UNSIMAR bersama Pemda Poso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image