BERBAGI

Jambore Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-23, dilaksanakan oleh Puskesmas se Wilayah Kerja Desa Tonusu, bertempat dilapangan bola Desa Mayakeli, Kecamatan Pamona Puselemba, Sabtu (23/11/19). Dihadiri langsung oleh Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu ,Kadis Kesehatan bersama jajarannya, Kasat Pol PP dan Damkar, Kadis P&K, Kadis Perumahan, Danramil 1307-02 Tentena, Kapolsek Pamona Utara, Kacabjari Poso di Tentena serta, Lurah dan Kades, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan serta dihadiri oleh para lansia dan para tamu undangan.

Pada kegiatan ini, para Lansia dari 6 Desa I Dusun menyatakan sikap yang meliputi : Desa Buyumpondoli, Desa Mayakeli, Desa Soe, Desa Tonusu, Desa Wera, Desa Leboni dan Dusun Kembangsari sebagaimana pernyataan sikap mereka adalah :

1) Bahwa kami Lansia, menjadi pengamal dan pendukung kegiatan pembangunan untuk menjadi masyarakat yang Damai, Adil dan

Sejahtera.

2) Kami Lansia masa kini, adalah Lansia yang tangguh, yang sehat, mandiri dan bermatabat.

3) Kami Lansia, siap mewujudkan keluarga yang sejahtera, sebagai wujud Pembangunan Bangsa

dan Negara di Desa kami.

Kegiatan yang dikemas sangat meriah ini diisi dengan berbagai macam acara : Defile Peserta Jambore HLUN, Geso-Geso Lansia Desa Soe, Paduan Suara Lansia Desa Mayakeli, Tari Belibis dari Dusun Kembangsari Desa Leboni, Musik Tradisional Kelompok Gabungan Lansia dan Karambangan Lansia dari Desa Leboni.

Camat Pamona Puselemba, Gloria Tobondo, SE mengatakan, kegiatan seperti ini merupakan kesempatan yang indah, karena kita dapat bertemu dan menjalin hubungan erat dengan para sesepuh kita, yang sudah melalui berbagai hal selama masa hidupnya. Terima kasih kepada Bupati Poso atas peran yang sangat besar bagi terselenggaranya perogram untuk Para orang tua Lanjut Usia, sehingga mereka mampu menjalani sisa hidup dengan penuh kebahagiaan”.

Kadis Kesehatan Kab. Poso dr. Napoleon Taufan Karwur menyampaikan, terlaksananya kegiatan ini merupakan wujud perhatian kita kepada para Lansia, dari segi kesehatannya kesejahteraannya maupun kebutuhan fisiologisnya. Jambore Lansia telah terlaksana sejak tanggal 14 dan ini adalah rangkaian kegiatan lanjutan sekaligus merupakan puncak kegiatan. Dari kurang lebih 263 juta penduduk Indonesia, ada 9% atau 24 juta penduduk yang masuk kelompok usia lansia dan khususnya untuk 6 Desa di wilayah kerja Puskesmas Tonusu, ada 704 anggota lansia yang tercatat dan setiap tahun semakin bertambah. Usia harapan hidup Kab. Poso pada saat ini yaitu 70,11% dan ini adalah usia harapan hidup yang tertinggi di seluruh kabupaten di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu yang membuka kegiatan ini mengatakan mereka para Lansia adalah orang tua sekaligus guru yang telah mengajari kita akan arti hidup yang sesungguhnya, mereka yang telah banyak berjasa. Bukan hanya bagi keluarga namun terlebih untuk daerah ini”. Bupati Poso Darmin  dalam sambutannya juga menambahkan bahwa “Pemerintah Daerah Kab. Poso menyampaikan selamat Hari Lanjut Usia Nasional ke 23 pada segenap warga lansia Tonusu, semoga dihari yang penuh suka cita ini para lansia tetap optimis, bersemangat serta terus aktif melakukan berbagai kegiatan produktif bersama pemerintah setempat melalui saran pendapat, inspirasi serta dukungan terhadap pelaksanaan program-program Pemerintah untuk memajukan daerah. Kegiatan ini pada hakekatnya merupakan momentum bagi kita semua untuk senantiasa memperhatikan keberadaan sesepuh dan pinisepuh, serta para lanjut usia baik terkait kehidupan sehari-harinya, kondisi kesehatannya, kesejahteraannya maupun kebutuhan psikologisnya, sebagai salah satu pewujudan bakti kepada orang tua”.

Lebih lanjut Bupati Poso mengatakan “diperlukan upaya-upaya sinergis dan strategis melalui program-program yang menyentuh langsung bagi mereka. Kaum Lansia juga memiliki peran dalam pembangunan, karena mereka selama ini telah membuktikan bahwa lanjut usia tak lantas menghalangi kreatifitas dan semangat untuk menjaga kesehatan diri. Komda Lansia berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi para sepuh melalui kegiatan semacam ini misalnya. Pemerintah Daerah menyadari besarnya peran para lansia, telah teruji dari terpaan zaman. Banyak kontribusi telah diberikan dimasa lalu bagi kemajuan daerah kita. Olehnya kita sebagai generasi muda tidak boleh melupakan jasa-jasa para lansia. Dukungan akan terus diberikan oleh Pemda Kab. Poso untuk memberdayakan lansia, berdaya untuk diri sendiri”. *Rp

Baca Juga :  Bupati Buka Rapat Kerja Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Daerah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image