BERBAGI

Pada kegiatan Sosialisasi Publikasi Evaluasi dan Laporan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs) Kabupaten Poso Tahun 2019 dilaksanakan di Aula Bapelitbangda Kabupaten Poso, yang diikuti oleh peserta sosialisasi dari para pimpinan OPD, BPS Kabupaten Poso, Pimpinan Instansi Vertikal, PT. Poso Energy, PT. Sawit Jaya Abadi, Para Camat Poso Kota Bersaudara, Lurah, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. Senin (18/11/19), kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Anggota DPRD Kab. Poso, Kepala Bappeda Prov. Sulteng, Kepala Bappeda Kabupaten Poso, Rektor Unsimar dan Tamu undangan lainnya.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan agenda dunia, agenda global yang disepakati oleh 193 negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dengan 17 tujuan dan 169 capaian yang terukur dan memiliki target waktu yang telah ditentukan. Indonesia merupakan salah satu yang termasuk dalam 193 negara tersebut, untuk menjawab dan menyelesaikan segala permasalahan yang terkait dengan isu-isu mendasar, diantaranya isu sosial, ekonomi dan lingkungan untuk kemaslahatan masyarakat dunia.

Baca Juga :  Pekan Panutan Pajak Tahun 2019

Dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Kabid Pembangunan Manusia dan Masyarakat Bapelitbangda Kab. Poso, Irfan Polutu, SE menyampaikan, maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan publikasi evaluasi dan pelaporan pencapaian rencana aksi daerah tujuan pembangunan berkelanjutan Kabupaten Poso tahun 2018-2021, adalah untuk mempublikasi evaluasi capaian pemerintah daerah Kabupaten Poso dalam pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Poso tahun 2019 dengan membentuk kelompok kerja yang melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah terkait termasuk Badan Pusat Statistik Kab. Poso dan kerjasama dengan Lembaga Penelitian Universitas Tadulako.

Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M.Si yang membuka kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah melaksanakan kegiatan ini, serta para narasumber dan peserta yang sudah ikut dalam kegiatan penting dan strategis ini dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam menghadapi isu-isu global tersebut, saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Poso telah menindaklanjuti dengan ditetapkannya peraturan Bupati Poso Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Rencana aksi daerah tujuan pembangunan berkelanjutan tahun 2018-2021.

Baca Juga :  Pelepasan Jamaah Calon Haji Kabupaten Poso Tahun 2018

Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Nomor 7 Tahun 2018 merupakan dasar kita untuk menjawab isu-isu global yang dihadapi. Hal ini tentu tidaklah mudah, untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta agar serius dalam mengikuti kegiatan ini, Ungkap Wabup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image