BERBAGI

Kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia merupakan salah satu program yang dilakukan rutin dari Balai Bahasa Sulawesi Tengah setiap tahunnya secara berkesinambungan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi para media massa dalam berbahasa indonesia yang baik dan benar. Menindaklanjuti hal tersebut, Balai Bahasa Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam hal ini Dinas Kominfo dan Persandian, mengadakan Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Bahasa Indonesia  Pengelola Media Massa se Kabupaten Poso.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel 77, mulai tanggal 26 September s/d 27 September 2019. Dihadiri oleh Assisten II Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Poso Frits Sam Purnama, SH, M.AP yang mewakili Bupati Poso untuk membuka secara resmi kegiatan ini, Kepala Dinas Kominfo Dan Persandian Markarma Lasimpala, SP, MP, Kasubag Tata Usaha Balai Bahasa Sulawesi Tengah Siti Rahmah, SS, M.Pd, Peneliti Ahli Muda Dr. Herawati, S.S, M.A sebagai Pemateri, Para rekan media massa serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga :  Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-72 tahun 2018

Kepala Balai Bahasa Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha Siti Rahmah, SS, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, sebagai bagsa Indonesia yang terdiri dari beribu suku bangsa yang menjalin hubungan bilateral dengan negara lain, sudah sepatutnya kita mengutamakan bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa. Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan Pasal 39 (1) Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam informasi melalui media massa. (2) Media massa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing yang mempunyai tujuan khusus atau sasaran khusus. Pada kegiatan penyuluhan bahasa indonesia kali ini, media massa yang menjadi sasaran utama, karena sudah sepatutnya dan seharusnya setiap media massa wajib menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang mudah dicerna dan dipahami bagi semua kalangan, karena media massa merupakan sarana umum yang digunakan dalam penyebarluasan berbagai informasi.

Baca Juga :  Rombongan Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso Di Pandajaya

Dalam sambutan Bupati Poso yang dibacakan oleh oleh Assisten II Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Poso Frits Sam Purnama, SH, M.AP menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balai Bahasa Sulawesi Tengah atas kerjasamanya dalam melakukan kegiatan penyuluhan ini. Bahasa indonesia merupakan hal yang paling utama dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu media massa. Penguasaan bahasa indonesia merupakan syarat mutlak bagi para Jurnalis dan Redaktur dalam mewujudkan bahasa pers secara baik dan benar. Untuk itu, Bupati Poso berpesan kepada seluruh peserta agar serius dalam mengikuti kegiatan ini. Karena selain untuk menambah wawasan, kegiatan ini juga bertujuan agar nantinya kita semua bisa menggunakan bahasa yang tepat dalam menyampaikan suatu informasi di setiap media massa yang sifatnya membangun untuk daerah Sintuwu maroso yang kita cintai ini.

Baca Juga :  Hari Ulang Tahun Desa Owini yang ke- 4

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image