BERBAGI

Bertempat di Ruangan Sidang Utama DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (25/09/19) merupakan hari pengambilan sumpah / janji, 45 Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah untuk masa jabatan periode 2019-2024.

Dalam sambutannya Wakil Ketua DPRD Provinsi Ervandi Suyuti, S.Sos menyampaikan sejak memasuki 5 taun yang lalu para anggota dewan telah bekerja dengan sungguh – sungguh dan berupaya semaksimal mungkin, untuk mengenali serta memahami Permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Dengan sikap yang demikian ini, dewan berupaya melaksanakan tugas, fungsi, dan peranannya secara aktif dan proporsional, termasuk keterlibatannya dalam proses pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2016 – 2021 yang lalu.

Dari berbagai kegiatan Dewan selang tahun 2014 / 2019 tersebut, telah berhasil ditetapkan produk dewan sebagai berikut :

  1. Keputusan DPRD sebanyak 207 keputusan
  2. Keputusan Pimpinan DPRD sebanyak 156 keputusan
  3. Peraturan Daerah sebanyak 70 peraturan daerah

Berkaitan dengan pembahasan Ranperda, Dewan telah berupaya melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah. Ramperda tersebut sudah selesai pembahasannya dan menunggu hasil fasilitasi dari Kementrian Dalam Negeri RI. Sehubungan dengan tersebut dengan adanya hasil Fasilitasi dari Kementrian Dalam Negeri RI, maka kami berharap untuk Anggota Dewan masa jabatan 2019 – 2024, nantinya dapat melanjutkan dan menuntaskan pembahasan dan penetapan rancangan perda – perda tersebut untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Ervandi Suyuti, S.Sos yang membuka kegiatan Sidang Paripurna Istimewa. Hadir pada kegiatan ini, Gubernur Sulawesi Tengah, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dan jajaran eksekutif Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi Sulawesi Tengah, Anggota DPR RI dan DPD RI Daerah pemilihan Provinsi Sulawesi Tengah, Para Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua KPU Ketua Bawaslu dan Pimpinan Partai Politik Provinsi Sulawesi Tengah, Walikota dan Bupati, se Provinsi Sulawesi Tengah, Para Ketua DPRD Kabupaten Kota se Provinsi Sulawesi Tengah, Rekan – rekan Media masa.

Baca Juga :  Pembukaan Operasi Teritorial (Opster) tni-AD di wilayah Kabupaten Poso

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri No.161.72-4329 Tahun 2019 tertanggal 24 September 2019 tentang peresmian pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Masa Jabatan 2019-2024. Maka 45 Anggota Dewan Terpilih dengan 6 Daerah Pemilihan secara resmi  dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi Sulawesih Tengah yaitu sebagai berikut :

Dari Partai Nasdem 7 Kursi Yahdi Basma, Ibrahim Hafid, Hasan Patonggai, Irianto Malinggong, Imam Kurniawan Lahay, Soni Tandra, Hj. Nilam Sari Lawira, Selanjutnya dari Partai Golkar 7 Kursi: Moh. Arus Abdul Karim, Erwin Burase, Moh. Faizal Lahadja, H. Nasser Djibran, Yus Mangun, H. Zainal Abidin Ishak, Budi Luhur Larengi. dari Partai Gerindra 6 Kursi  : Alimuddin Paada, Hj. Zulzalmida Janggola, Faizal Alatas, Hj. Winiar Hidayat Lamakarate, H. Ambo Dalle, Abdul Karim Aljufri, dari Partai PDI P, : 6 kursi  :  Elisa Bunga Allo, I Nyoman Slamet, Sri Indraningsi Lalusu, H. Suryanto, Huisman Brant Toripalu, Muharram Nurdin, dari  Partai Demokrat :4 Kursi : Moh. Hidayat Pakamundi, H. Moh. Nur Dg Rahmatu, Ellen Ester Pelealu, Marlela,  Partai Kebangkitan Bangsa : 4 Kursi : Rahmawati M. Nur, Zainal M. Daud, Aminullah BK, Kaharuddin, dari Partai Keadilan Sejahtera : 4 Kursi : Hj. Wiwik Jumatul Rofiah, Sri Atun, Fatimah, Hi. Moh. Amin Lasawedi, H.M. Tahir,H.Siri, dari Partai Amanat Nasional: 2 kursi : Ronald Gulla, Suprapto Dg. Situru , dari Partai Hanura: 2 Kursi : Sitti Halima Ladoali, Muh. Ismail Junus dari Partai Perindo: 2 Kursi : Muslih, Enos Pasaua, Partai Persatuan Pembangunan : Fairuz Husen Maskati.

Baca Juga :  Pengarahan Bupati Poso Untuk CPNS 2

Gubernur Sulawesi Tengah Drs H. Longki Djanggola, M.Si. pada kesempatan itu Mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, para pemilik suara yang telah menyalurkan hak pilihnya secara bijak dan cermat, sesuai kehendak dan nuraninya masing-masing, dalam menyeleksi wakil rakyat yang kredibel dan dipercaya, duduk di kursi parlemen baik pusat maupun daerah, untuk masa bakti 5 tahun ke depan. Gubernur juga mengapresiasi kinerja KPU, Bawaslu, TNI/Polri, lembaga-lembaga pemerintah maupun non pemerintah yang sudah saling berkolaborasi sesuai tupoksinya, tanpa kenal lelah dalam memastikan penyelenggaraan pemilu yang fair dan demokratis di Sulawesi Tengah, serta tepat asas-asasnya yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Selanjutnya Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan, bahwa Anggota DPRD yang baru saja dilantik memiliki tanggung jawab yang sangat besar , sehingga nantinya dapat  menjalankan tugas sebaik , dengan tetap mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan golongan dan berpegangan pada koridor undang-undang serta azas keadilan supaya tidak melenceng atau bertindak sewenang-wenang dengan kekuasaan yang diamanatkan. Gubernur pada kesempatan itu juga mengharapkan anggota DPRD yang baru dilantik dapat menjalin hubungan yang sinergis antar kelembagaan, sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, agar hubungan kerja antara legislatif dan eksekutif jadi semakin bersemi mesra dan terpelihara dengan baik, serta terhindar dari ancaman friksi dan ego sektoral karena sesuai amanat undang-undang pemerintahan daerah,  khususnya pada pasal 207 ayat (1), menyebutkan  bahwa hubungan kerja antara lembaga DPRD  dan kepala daerah didasarkan pada hubungan kemitraan  sejajar sehingga keduanya mesti saling melengkapi, saling mendukung satu sama lain bukan justru saling antipati dan menjauhi satu sama lain pada akhir sambutannya Gubernur Sulawesi Tengah ucapan terimakasih kepada pimpinan  dan  anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah masa bakti 2014-2019, yang telah banyak bersumbangsih guna mewujudkan sistem pemerintahan daerah yang check and balance untuk menghindari penyalah gunaan kekuasaan.

Baca Juga :  Pelantikan Pjs. Kades Maliwuko

Mengakhiri sambutannya, Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan rasa Syukur, atas hasil-hasilnya yang telah nampak terlihat dari beberapa indikator pembangunan, seperti pertumbuhan ekonomi sulawesi tengah yang lebih tinggi dibanding ekonomi nasional meski daerah kita baru saja terdampak atas bencana gempa, tsunami dan likuifaksi 28 september 2018, tapi wajib kita syukuri, pertumbuhan ekonomi kita masih lebih unggul, yaitu sebesar 6,3 % berbanding 5,17 %. Trend indeks pembangunan manusia (ipm) provinsi sulawesi tengah juga cenderung naik setiap tahunnya dan telah menjadi 68,11 poin pada tahun 2017. Demikian pula dengan tingkat kemiskinan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah turun menjadi 13,69 persen pada tahun 2018.  Selanjutnya Gubernur memberikan harapan kepada Anggota DPRD yang baru saja dilantik  untuk menunjang keberhasilan visi-misi Pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah Periode 2016-2021, “Sulawesi Tengah Maju, Mandiri dan Berdaya Saing, yang kemudian dijabarkan ke dalam 5 misi pembangunan”, yaitu Melanjutkan reformasi birokrasi, mendukung penegakan supremasi Hukum dan HAM, Meningkatkan pembangunan infrastruktur daerah dan mendukung kemandirian energi  Meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan, Mewujudkan pengelolaan sumber daya agribisnis dan maritim yang optimal dan berkelanjutan sejajar dengan provinsi maju di kawasan timur indonesia dan Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan berbudaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image