BERBAGI

Pemberdayaan masyarakat melalui budaya daerah adalah merupakan kebudayaan yang perlu dipelihara dan dikembangkan, demi menetapkan kepribadian bangsa. Untuk memelihara, mengembangkan serta untuk meningkatkan promosi pariwisata seni budaya daerah, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melaksanakan atraksi pariwisata ajang Pemilihan Ongga Bale Poso Tahun 2019, yang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Poso, Jum’at (30/08/19) di Anjungan Festival Danau Poso Tentena.

Ongga Bale Duta wisata Kabupaten Poso (merupakan sebutan khas untuk putra-putri Tana Poso) mereka merupakan Finalis dan Pemenang dalam ajang Pemilihan Ongga Bale Kabupaten Poso dalam upaya mempromosikan potensi dan aset wisata daerahnya, diharapkan dengan menyandang gelar sebagai Ongga Bale mereka yang terpilih adalah sosok duta wisata yang kreatif, inovatif, percaya diri, berpengalaman dan berjati diri. Hal itu ditunjang oleh penampilan yang simpatik, yang kemudian diarahkan untuk dapat menggapai visi terwujudnya duta wisata sebagai generasi yang berkualitas, santun, berdedikasi untuk melestarikan budayanya sendiri. Selain itu juga dapat berperan aktif dalam mempromosikan kepariwisataan. Duta wisata Ongga Bale merupakan aktraksi wisata yang bertujuan melestarikan budaya daerah. Sekaligus sarana pengembangan potensi bakat, kreativitas, kecerdasan para generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya  dan pariwisata. Serta menghilangkan citra sebagai pelengkap kegiatan atau pajangan saja.

Baca Juga :  Musyawarah Kerja Tahunan Pengurus Lembaga Adat Pamona Poso

Pada tahun ini, Narsya Sangkani berasal dari Kecamatan Pamona Utara yang menjadi pemenang “Ongga”, Gabriela Wenur sebagai Runner Up I dan Meiningsih Balumba diposisi Runner Up II. Untuk kategori “Bale”, Giofandy Tombokan berasal dari Kecamatan Pamona Upuselemba  yang menjadi pemenang , Mario Tantanasa sebagai Runner Up I dan Revi Sumendap  diposisi Runner Up II. Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang langsung menghadiri ajang tersebut, memberikan piala dan ucapan selamat kepada para pemenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image