BERBAGI

Pemerintah Daerah Kabupaten Poso kembali menggelar event rutin tahunan Festival Danau Poso (FDP) ke-21, event ini telah resmi dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Dra. Ratna Suranti, MA, yang diawali dengan penampilan dari beberapa devile yang diikuti dari berbagai kecamatan dan diiringi dengan atraksi kesenian pagelaran tarian-tarian budaya lokal, bertempat di Anjungan danau Poso kota Tentena, Kecamatan Pamona  Puselemba, Senin (26/08/19).

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia ini sangat terpukau dengan suguhan demi suguhan atraksi budaya yang ditampilkan pada pembukaan tersebut, diluar dugaan membuatnya berdecap kagum. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Wisata ini mengatakan FDP akan tetap  masuk dalam 100 calendar of events wonderful. Selain itu Ibu Deputi Dra. Ratna Suranti, MA  juga memuji keindahan panorama Danau Poso dan pemandangan sekitar danau seperti pantai pasir putih Siuri, Air Terjun Saluopa yang bertingkat-tingkat serta peninggalan sejarah megalitikum.

Baca Juga :  Bupati Buka Liga Gocex

Antusias sangat besar dari warga masyarakat warga Poso dan luar kota Poso untuk menyaksikan event ini, terlihat dari ribuan warga masyarakat hadir untuk menyaksikan pembukaan FDP di kota Tentena. Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Sulawesi tengah yg di wakili oleh Kaban Kesbangpol Prov. Sulteng, Fahrudin D.Yambas,Bupati minahasa Selatan Titi Parunsu bersama rombongan,Bupati Parimo Hasan Ruslan Tombolotutu bersama rombongan, Bupati poso Darmin Agustinus sigilipu,Wakil Bupati Poso Ir,samsuri, M.si, Para kepala OPD, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tamu undangan lainnya.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya mengatakan, Pemda Poso bertekad dalam pelaksanaan FDP tahun ini harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, dengan tujuan agar event ini nantinya dapat mendongkrak peningkatan kunjungan pariwisata yang lebih banyak lagi ke Kabupaten Poso. Perhelatan FDP dari tahun ke tahun sudah berhasil meyakinkan dunia luar bahwa Poso saat ini bukanlah Poso yang dulu, tetapi Poso yang memiliki harapan baru dengan masyarakatnya yang begitu ramah dan terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke tanah Poso.

Baca Juga :  Hari Ulang Tahun Desa Owini yang ke- 4

Dilansir dari Wikipedia, terbukti bahwa pelaksanaan FDP sejak tahun 2016 arus kunjungan wisata Poso mengalami peningkatan yang signifikan. Tahun 2016 dan Tahun 2017 yang menghadirkan beberapa artis mampu mendongkrak pengunjung FDP dan Turis sampai angka ratusan ribu orang.

Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Prov. Sulteng, Fahrudin D.Yambas dalam sambutannya menyampaikan, ucapan apresiasi kepada Pemda Poso yang telah berupaya menyukseskan acara FDP tahun ini. Pemprov Sulteng berharap kepada semua stake holder terkait, untuk ikut serta bersama-sama mensukseskan acara ini. Yang kesemuanya itu akan berdampak pada peningkatan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada sektor pariwisata. Fahrudin juga mengungkapkan, keindahan panorama alam danau Poso sejak dahulu sudah menjadi magnet bagi wisatawan, sehingga perlu dijaga dan dirawat kelestariannya.

Baca Juga :  Maulid Nabi Muhammmad SAW Lage di hadiri Bupati Poso

Event FDP ke 21 dan FBD ke 12 yang dipusatkan di anjungan danau Poso Tentena akan berlangsung selama enam hari, dari tanggal 26-31 Agustus 2019,  dengan menampilkan artis band ibu kota seperti Geisha, Fiky Salamo dan artis lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image