BERBAGI

Kaki gunung Kaloti Desa Meko Pamona Barat menjadi lokasi Penanaman Bibit Durian Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai Desa Meko Kecamatan Pamona Barat oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Minggu (25/08/19). Kegiatan ini merupakan gerakan penanaman pohon dengan tujuan Rehabilitasi Hutan dan Lahan serta untuk Konservasi Lingkungan dengan penanaman 1000 bibit pohon durian dengan luas lahan kritis sekitar 131,4 hektar.

Manajemen PT. Poso Energy, Basri mengatakan dalam laporannya bahwa kegiatan yang juga turut melibatkan Front Pecinta Alam Peduli Lingkungan se-Kota Tentena ini, dikhususkan pada sungai penyangga yang mensuplai air ke danau. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai lanjutan dari Aksi Bersih Sungai Poso yang diselenggarakan pada beberapa waktu yang lalu dimana PT. Poso Energy yang juga bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam mewujudkan pembangunan yang merata di segala bidang.

Baca Juga :  Wakil Bupati Poso Melepas Kontingen Seleseksi Tilawatil Qur'an

Sementara itu kehadiran Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Poso bersama beberapa Pimpinan OPD seperti Inspektur Inspektorat, Kadis Pertanian dan DLH di kegiatan ini adalah sebagai bentuk upaya serta pengakuan Pemda akan keseriusannya dalam melakukan beberapa perbaikan-perbaikan di semua sektor. “Upaya-upaya pelestarian ini adalah bukti tanggung jawab dan representasi rasa memiliki yang sudah semestinya dilakukan sebagai salah satu bentuk kesyukuran dan tanda terima kasih kepada Tuhan” tutur Bupati Darmin.

Ia juga mengatakan bahwa sebaik apapun upaya yang dilakukan oleh Pemda bersama pihak-pihak terkait tentulah tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila tidak didukung oleh semua pihak, oleh karena itu Ia berpesan agar semuanya termasuk masyarakat turut bersinergi dengan Pemda dengan melakukan pelestarian alam sekitar Danau Poso yang juga sekaligus dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. “Dengan adanya pencanangan gerakan penanaman pohon ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan pemahaman terhadap kelestarian hutan dan lingkungan, sehingga dapat memulihkan kondisi Daerah Aliran Sungai Meko seperti semula” ungkap Bupati Darmin yang dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon duriam didampingi Manajemen PT. Poso Energy.

Baca Juga :  Bupati Sambut Kepulangan Jamaah Haji Kabupaten Poso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image