BERBAGI

Gotong Royong merupakan nilai luhur kebangsaan yang patut untuk dilestarikan dan dipertahankan. Mengingat nilai Gotong Royong itu yang semakin merosot ditengah masyarakat, akibat individualisme dan sikap transaksional yang mengukur segala sesuatu berdasarkan harga dan materi semata. Dengan adanya Kegiatan Penilaian Lomba Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2019 ini, diharapkan dapat menghidupkan kembali semangat Gotong Royong ditengah masyarakat.

Dihari yang sama, Selasa (20/08/19) Wakil Bupati Poso bersama Tim Penilaian Lomba Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan dua kunjungan sekaligus yaitu di Kelurahan Lembomawo Kecamatan Poso Kota Selatan dan Desa Betalemba Kecamatan Poso Pesisir Selatan. Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota FKPD Kabupaten Poso, Pra Kepala OPD Lingkup Pemda Poso, Para Camat setempat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Tamu Undangan lainnya.

Baca Juga :  3 Aparatur Terbaik DAMKAR Gugur Saat Jalankan Tugas

Kelurahan Lembomawo dan Desa Betalemba merupakan perwakilan dari Kabupaten Poso untuk mengikuti ajang Lomba Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2019. Ucapan terima kasih dan apresiasi oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si atas kerja keras kepada seluruh stake holder terkait yang disampaikannya lewat sambutan tertulis Bupati Poso, sehingga Kelurahan Lembomawo dan Desa Betalemba dapat ikut serta dalam lomba tahun ini.

Wabup Samsuri dalam sambutannya juga mengatakan, kunci sukses dari penilaian ini sesungguhnya terletak pada management yang dimiliki oleh suatu Desa/Kelurahan itu sendiri. Dan yang menjadi acuan pada lomba ini meliputi empat Indikator yaitu kemasyarakatan, lingkungan, ekonomi dan sosial budaya. Keempat Indikator ini telah dimiliki dan dibuktikan oleh Kelurahan Lembomawo dan Desa Betalemba, yang sebelumnya telah meraih prestasi terbaik pada lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten. Untuk itu kami mengajak kita semua untuk memberi dukungan dan sinergitas kepada pemerintah setempat, sehingga nantinya bisa memberikan prestasi terbaik baik ditingkat Provinsi bahkan sampai Tingkat Nasiaonal.

Baca Juga :  Utsawa Dharma Gita 2017 di Desa Meko

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dalam sambutannya yang dibacakan oleh Hj. Siti Norma Mardjan, SH,MH Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik yang juga merupakan ketua Tim Penilaian Lomba Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan, Pemerintah Daerah Sulawesi tengah sangat menyambut baik kegiatan penilaian lomba ini, dengan harapan kiranya semangat gotong royong ini betul-betul dibuktikan eksitensinya dan dipraktekan oleh warga masyarakat sepanjang hari, tanpa perlu menunggu diadakan lomba seperti ini. Dengan terselenggaranya lomba ini, kiranya bisa memberikan inspirasi dan gairah masyarakat dalam menghidupkan kultur semangat gotong royong yang berbasis pada kearifan lokal dalam memajukan wilayah masing-masing dan sekaligus sebagai media dalam mengevaluasi kinerja penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan pada tingkat satuan Desa/Kelurahan.

Baca Juga :  Wujudkan Masyarakat Yang Cerdas Lewat Halal Bi Halal

Mengakhiri kegiatan ini, Tim Penilaian Lomba Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah turun kelapangan untuk mengadakan penilaian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image