BERBAGI

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 di Kabupaten Poso digelar di Lapangan Maroso Poso, Kamis (25/0719), dirangkaikan dengan Kampanye Cegah Demam Berdarah Sejak Dini Tahun 2019 kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Dinas kesehatan Kabupaten Poso. Dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si bersama Bunda PAUD Indah Setyowati Samsuri, kegiatan ini diikuti oleh seluruh PAUD/TK, SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Poso Kota Bersaudara.

Dengan mengambil tema “Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak”, kegiatan ini juga melakukan kampanye Pemberantasan Jentik Nyamuk Demam Berdarah melalui penilaian Lomba Sekolah Sehat Bebas Jentik pada 52 Sekolah Dasar di Kecamatan Poso Kota Bersaudara dan Lage. Adapun penilaian tersebut sudah dilaksanakan sejak tanggal 11 s/d 14 Juli 2019 dengan pemenang lomba juara I SD Negeri 17 Poso Kota, juara II SD Negeri 1 Poso Kota Utara dan Juara III SD Negeri Maliwuko Lage.

Baca Juga :  Syukuran Hari Ulang Tahun Ke-12 Batalyon Infantri 714/Sintuwu Maroso

Wabup Samsuri mengatakan bahwa melalui literasi yang cukup, pendidikan agama, pendidikan moral serta pendidikan karakter lainnya perlu sejak dini ditanamkan dibenak anak-anak agar kelak jiwa dan mental serta kepedulian sosial dan rasa toleransinya semakin tinggi. “Jangan biarkan anak kita tergerus dan terjerumus dalam modernisasi yang salah persepsi” ungkap Wabup Samsuri.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Poso, Dra. Chrisnawati Limbong, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini selain meningkatkan kepedulian semua pihak terhadap perlindungan dan pemenuhan hak dan kesejahteraan anak juga untuk meningkatkan peran serta anak sekolah sebagai Jumantik (Juru Pemantau Jentik) dalam pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), pencegahan dan pemberantasan DBD.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Bupati Poso di Kecamatan Pamona

Pemerintah Daerah Kabupaten Poso sendiri setelah pada beberapa waktu yang lalu melaunching program Kartu Identitas Anak (KIA) Cerdas sebagai upaya keseriusan Pemerintah yang dipimpin oleh Darmin-Samsuri ini dalam meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara. Kali ini lewat momentum perayaan Hari Anak, kembali mengingatkan kepada semua pihak bahwa anak sebagai generasi pelanjut masa depan sehingga perlu adanya bimbingan, pendampingan serta pendidikan yang cukup agar kelak dapat tumbuh dan berkembang menjadi harapan keluarga, masyarakat dan daerah serta menjadi manusia yang handal dan bermartabat.

Setelah membuka secara resmi, Wabup Samsuri memberikan
bantuan kepada anak kurang mampu yakni tabungan pendidikan dari BRI Poso. Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota FKPD, Rektor UNSIMAR, Ketua Dharma Wanita, Ketua Persit,para penggiat-penggiat pendidikan dan para guru.

Baca Juga :  PUNCAK HUT KOTA POSO YANG KE-121

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image