BERBAGI

Program Polisi Madago Raya yang diprakarsai oleh Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto, SH, SIK mendapatkan penghargaan dari Komnasham RI dalam lomba penanganan radikalisasi di wilayah Kabupaten Poso yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertahanan RI. Hal ini disampaikan oleh Kapolres Poso pada saat pelaksanaan Syukuran, sesaat setelah pelaksanaan Upacara Peringatan Ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019 bertempat di Halaman Mapolsek Poso Pesisir, Rabu (10/07/19).

Tak hanya itu saja, masih dalam rangka Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara, sebagai wujud penghargaan atas capaian kinerja anggota Polri dalam memelihara keamanan yang terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat, penghargaan juga diberikan kepada anggota Polri yang berprestasi mengungkap beberapa kasus serta penghargaan yang diberikan langsung oleh Presiden RI Jokowi atas prestasi Babinkamtibmas Kayamanya Sentral yang mendapatkan juara I tingkat Nasional.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang saat itu bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam amanat Presiden RI yang dibacakannya, mengapresiasi serta berterimakasih atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah yang ditunjukkan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Pemda Poso Terima Piagam Opini WTP Dari Menteri Keuangan RI dan Penandatanganan MoU Pengelola Keuangan

“Kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia dimana situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik” ungkap Bupati Darmin saat membacakan sambutan Presiden RI.

Upacara yang turut dihadiri Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan OPD, Tokoh-Tokoh agama dan para eks napiter ini juga sebagai wujud silatuhrahmi hubungan sinergitas yang baik antara Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan juga masyarakat.

Selaku Pemerintah Daerah dan atas nama seluruh masyarakat Kabupaten Poso, Bupati Darmin menyampaikan apresiasi serta rasa kebanggaannya terhadap Polres Poso yang mampu menerapkan filosofi “Madago Raya” dalam program penanggulangan radikalisme teroris di wilayah Kabupaten Poso.  Karena sebagai orang yang tinggal di Poso, dari mana pun asalnya, Bupati Darmin mengatakan bahwa harusnya kita bertindak/berperilaku sesuai dengan adat yang ada di daerah dimana kita berdomisili, Tana Poso.

Baca Juga :  Bupati Poso Tekankan Disiplin dan Penghematan keuangan daerah

“Hubungan sinergitas ini kiranya mampu memberikan contoh kepada masyarakat dan membawa dampak yang baik bagi pembangunan di Kabupaten Poso, karena pembangunan tidak akan berjalan dengan baik apabila kita hanya memikirkan kepentingan pribadi saja tanpa ada rasa kepedulian serta kekompakkan dalam membawa Kabupaten Poso ke arah yang lebih baik lagi” tutur Bupati Darmin.

Sementara itu dalam sambutan Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres Poso mengatakan bahwa peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946, dimana Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementrian Dalam Negeri kini berada langsung di bawah Presiden selaku kepala Pemerintahan. “Kami bersyukur sampai dengan saat ini Polri tetap bertahan melaksanakan tugasnya bersama-sama dengan TNI dan komponen-komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan NKRI” ucap Kapolres Poso.

Baca Juga :  Bupati : Di Tahun 2019 PNS Poso Harus Lebih Tekun Dan Giat Bekerja

Upacara peringatan ini tidak saja hanya diikuti oleh anggota kepolisian, namun juga TNI, Satpol PP, Pasukan Damkar dan Perhubungan Kabupaten Poso juga menjadi peserta upacara memeriahkan Hari Bhayangkara yang baru pertama kalinya dilaksanakan di Polsek ini. Setelah pelaksanaan upacara, semarak perayaan ini turut diwarnai dengan penampilan dari karateka asuhan Polsek Poso Pesisir.

Untuk menciptakan kesejahteraan umum tentu saja salah satu hal yang mutlak dibutuhkan adalah rasa aman di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat dimana sebagai alat negara, Polri memiliki peranan yang sangat besar dalam menciptakan rasa aman dan tertib. Untuk itu, pemerintah daerah selalu berupaya menciptakan hubungan yang sinergi di antara unsur-unsur pemerintah daerah, penegak hukum, badan, lembaga, instansi lain, serta masyarakat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image