BERBAGI

Halal Bi Halal 1440 H oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso bertemakan  “Dengan Hikmah Halal Bi Halal kita Perkokoh Silahturahim, Persatuan dan Kesatuan Antar Umat Beragama dalam Membangun Poso cerdas”.

Bertempat di Gedung Torulemba Rumah Jabatan Bupati Poso, kamis ( 13/06/19). Kegiatan yang digelar secara terbuka untuk umum ini, dihadiri oleh segenap jajaran Pemkab Poso, kantor-kantor pemerintahan vertikal, kepala BUMN, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Anggota Remaja Islam Masjid (Risma) serta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Poso.

Hikmah Halal Bi Halal kali ini disampaikan oleh Kakan Kemenag Poso H. Makmur Muh. Arief, yang menjelaskan dan mengurai tentang sejarah Halal Bi Halal, maksud dan tujuan dari pada dilaksanakannya acara Halal Bi Halal tersebut adalah merupakan kebiasaan dan telah menjadi agenda formal pasca lebaran Idul Fitri.

Baca Juga :  Bupati Poso Launching Kegiatan Bina Desa Mandiri

“sejarah adanya halal bi halal di Negeri ini sudah ada sejak 71 Tahun yang lalu yang di sponsori oleh KH. Wahab Hasbullah pada Tahun 1948, dan intinya adalah silaturahim dan saling maaf memaafkan”. Silaturahim pun memiliki makna, yakni dari kata silat yang artinya menempelkan dan menyatukan hati mereka yang meminta dan yang memberi maaf, serta rahim artinya kantung bayi dalam perut wanita yang melindungi janin yang diibaratkan dengan perlindungan serta kasih sayang Allah SWT. terhadap orang-orang yang saling maaf memaafkan. terang H. Makmur Muh Arief dalam hikmahnya.

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si yang menghadiri acara tersebut dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Halal Bi Halal memiliki makna saling maaf memaafkan, baik itu yang disengaja maupun tidak disengaja antar sesama umat, lebih tepatnya Halal Bi Halal merupakan momentum silahturahmi untuk mempererat hubungan diantara kita, apalagi saat ini kita telah usai melaksanakan pesta demokrasi, tentunya ada perbedaan paham, oleh karena itu kita dapat melebur dan mengiklaskan semuanya agar tercipta persatuan dan kesatuan di Bumi Sintuwu Maroso ini.

Baca Juga :  Kunjungan Persaudaraan dan Dialog Kebangsaan FKUB Propinsi Sulawesi Tengah Bersama UNSIMAR

Wakil Bupati juga menitipkan pesan, agar kita semua dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial, jangan sampai terpengaruh dengan isu isu hoax yang tidak dapat dipertanggung jawabkan yang dapat menimbulkan perpecahan diantara kita. Dan tak lupa pula pada acara yang sangat berbahagia ini Wabup mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Poso, kalau selama 3 Tahun lebih memimpin Kabupaten Poso masih banyak melakukan kekurangan serta kesalahan-kesalahan karena kami juga hanyalah manusia biasa.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Pawai Takbiran yang telah dilaksanakan pada malam 1 Syawal 1440 H, kemudian pembacaan ayat-ayat Suci Al-Qur’an dan pembacaan Doa oleh Ketua MUI Kabupaten Poso Ngadiono A. Kase, SE. Serta diakhir acara dilanjutkan dengan Hikmah Halal Bi Halal oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Syukuran Hari Ulang Tahun Ke-12 Batalyon Infantri 714/Sintuwu Maroso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image