BERBAGI

Selasa, (11/06/19) Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Poso mendapat kunjungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Bahasa Sulawesi Tengah, diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Poso Markarma Lasimpala, S.p,M.p, bertempat diruang kerjanya.

Terkait kedatangan Tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Bahasa Sulawesi Tengah ini adalah meminta untuk di fasilitasi oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Poso, guna mencari data serta mengadakan Pengawasan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Media Massa, baik media cetak, media elektronik dan media online di Kabupaten Poso. Dr. Herawati, S.S, M.A sebagai ketua bersama Drs. Adri, M.Pd dan St. Rahmah, S.S, M.Pd adalah Tim yang turun untuk meminta data serta mengadakan pengawasan di Kabupaten Poso. Kadis Kominfo dan Persandian Markarma Lasimpala, S.p,M.p menyambut baik hal itu dan langsung merespon dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan, demi kelancaran tugas dari Tim dalam mencari data serta mengadakan pengawasan di Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Jalan Santai Para Santri Di Poso Peringati Hari Santri Nasional

Kunjungan Tim yang pertama adalah Radio Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Pada kunjungan ini, Dr. Herawati, S.S, M.A bukan hanya sekedar mengambil data dan mengadakan pengawasan saja, akan tetapi beliau juga memberikan kesempatan sesi tanya jawab dengan penyiar radio secara ON AIR terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain berkunjung ke Radio Matahari dan Radio Sky Line, rombongan Tim juga mengunjungi Seksi Sandi dan Telekomunikasi dan Bagian Humas dengan maksud dan tujuanyang sama.

Berdasarkan undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, pasal 39, ayat (1) yang berbunyi “ Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam Informasi melalui Media Massa”, Ayat (2) yang berbunyi “ Media Massa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing yang mempunyai tujuan khusus atau sasaran khusus”, setiap media massa wajib mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam informasi di media massa di berbagai Kabupaten/Kota perlu dipantau lebih teliti dan cermat agar pemartaban bahasa Indonesia sebagai bahasa negara lebih ditingkatkan lagi.

Baca Juga :  Penutupan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) Ke-X Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah

Tidak sampai disini saja, maksud dan tujuan dari Tim dalam mencari data serta mengadakan Pengawasan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Media Massa ini kedepan mempunyai program Sosialisasi kepada para stake holder operator media massa, tentang bagaimana tata cara penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kegiatan ini bukan hanya dilakukan di Kabupaten Poso saja, akan tetapi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Bahasa Sulawesi Tengah juga menurunkan Tim lain  yang bertugas pada tingkat Provinsi Kabupaten/Kota. Setelah Kunjungan ini, Tim akan kembali ke Palu untuk melakukan evaluasi sebagai tindak lanjut terlaksananya program-program kedepan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image