BERBAGI

Pembukaan Pekan Olahraga Tingkat Provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah Ke- VIII Tahun 2019 digelar pada hari Selasa (23/04/19), bertempat di Halaman Kantor Bupati Parigi Moutong. Dukungan penuh diberikan oleh Pemerintahan Darmin-Samsuri dimana Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang memimpin langsung para kontingen atlit Kabupaten Poso. Bupati Darmin yang saat itu juga didampingi oleh sebagian Pimpinan OPD hadir secara khusus memberikan dorongan moril serta dukungan kepada kontingen Kabupaten Poso yang akan bertanding dalam beberapa cabang olahraga.

Pembukaan yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si ini mengatakan bahwa, keikutsertaan Kabupaten Poso dalam kegiatan pecan olahraga tingkat provinsi ini selain merupakan ajang unjuk kemampuan, juga sebagai sarana bagi para atlit Poso dalam mengembangkan potensi dalam berolahraga.

“Pemerintah Daerah mendukung sepenuhnya kegiatan seperti ini, karena dengan kegiatan seperti ini kita mampu menunjukkan bahwa Kabupaten Poso juga tidak kalah dengan Kabupaten-Kabupaten lainnya serta untuk menarik angka partisipatif masyarakat dalam melakukan pembangunan, demi nama baik Kabupaten Poso lewat kegiatan-kegiatan positif” ungkap Bupati Darmin.

Baca Juga :  LAUNCHING MADRASAH SEHATI DAN MADRASAH ANTI KORUPSI

Pembukaan juga diisi dengan hadirnya Drum Band Gita Praja Mukti yang merupakan Drum Band asuhan dari Pemda Poso, dibawah koordinasi Dinas Pemuda dan Olahraga yang turut meramaikan rangkaian acara yang dihadiri oleh sejumlah Bupati Kabupaten/Kota serta Ketua Koni Provinsi Sulawesi Tengah. Hadirnya Drum Band Gita Praja Mukti sebagai bukti adanya hubungan kerja sama yang baik antar Kabupaten yang berbatasan secara langsung ini, dimana pada event-event yang diselenggarakan baik di Kabupaten Poso maupun Parimo, kedua Kabupaten ini saling memberikan sumbangsih penampilan-penampilan atau atraksi yang turut memeriahkan setiap acara yang digelar. Seperti pada perayaan HUT Kota Poso pada beberapa waktu yang lalu, Kabupaten Parimo sempat mengirimkan penampilan dari Carnival Teluk Tomini untuk memeriahkan perayaan HUT Kota Poso dan sebagai balasan pada ajang pembukaan Porprov yang diselenggarakan di Kabupaten yang dipimpin oleh H. Samsurizal Tambolotutu ini, Poso mengirimkan penampilan / atraksi Drum Band Gita Praja Mukti yang saat itu cukup menarik perhatian para penonton. Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri dalam memimpin Kabupaten Poso juga selalu menjaga hubungan baik antar Kabupaten, mengingat pentingnya hubungan kerja sama antar daerah karena dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat juga kadangkala bersinggunggan dengan batas-batas wilayah administrativ seperti misalnya hubungan social ekonomi lintas batas administratif.

Baca Juga :  Musyawarah Daerah (MUSDA) Ke 2 Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Daerah Pamona Poso

Hal ini diapresiasi juga oleh beberapa Bupati yang hadir saat itu dimana Kabupaten Poso dipandang sebagai daerah yang berkompeten, serta juga memiliki potensi-potensi sumber daya manusia yang mumpuni. Kehadiran Kontingen Kabupaten Poso yang berjumlah 240 orang atlit dan 82 official ini diharapkan juga mampu untuk memberikan prestasi yang gemilang bagi Kabupaten Poso.

Dengan dukungan penuh yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso Bupati Darmin jug berharap para atlit dapat membawa hasil yang memuaskan serta menjaga nama baik Kabupaten Poso dengan bertanding secara professional dan sportif. Kegiatan ini diikuti oleh 13 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah dengan jumlah atlit terbanyak berasal dari tuan rumah yaitu Parigi Moutong sebanyak 337 orang atlit yang akan mengikuti 20 cabor dan 5 cabor eksebisi yakni panahan, renang, balap sepeda, menembak dan petanque.

Baca Juga :  Pembukaan Festival Etnik Air Terjun Saluopa

Membina generasi olahragawan serta memiliki integritas tinggi, semangat yang dilandasi jiwa patriotisme dan sportivitas yang berdaya saing serta menciptakan atlit-atlit yang berkualitas untuk mengharumkan nama Kabupaten Poso merupakan usaha yang diupayakan Pemda untuk pengembangan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Poso.

Setelah Perayaan Pembukaan kegiatan, Gubernur bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan Bupati Kabupaten / Kota mendeklarasikan Pemilu Damai. Sambil menunggu hasil perhitungan suara secara resmi dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, para Pimpinan Daerah ini berkomitmen atau mendeklarasikan untuk menjaga persatuan serta kesatuan bangsa dan menjaga perdamaian serta kedamaian di Provinsi Sulawesi Tengah sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image