BERBAGI

Mengembangkan pembentukan karakter bangsa yang harapannya dapat menyebarkan virus kebaikan yang berkaitan dengan generasi berencana di kalangan generasi muda secara menyeluruh merupakan salah satu cara Pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) memberikan solusi terbaik untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan. Program Genre merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda dimana program ini mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi bangsa dan Negara.

Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Poso melihat remaja saat ini adalah generasi milenial, generasi yang hidup di alam keterbukaan, kebebasan berekspresi, dan dibanjiri beragam informasi yang tentunya muncul beragam persoalan di kalangan remaja. Dimana permasalahan remaja saat ini menjadi sesuatu yang sangat menyita perhatian karena remaja menyumbang bagian besar dalam problematika yang berkembang di kalangan masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Pemerintah menilai bahwa Remaja dipilih sebagai objek utama mengingat masa depan daerah ada di tangan para remaja dan jika sebagian besar remaja dapat memahami dengan baik hakikat berkeluarga, pastilah fondasi daerah dan bangsa ini juga pasti akan menjadi kuat. Sebaliknya jika remaja belum memahami hakikat perkawinan dengan baik, tidak memiliki skill dalam menempuh hidup berumah tangga dan kurang piawai dalam menentukan masa depan, bias dipastikan daerah serta bangsa ini akan dihuni oleh keluarga yang rapuh dari sisi fondasi berkeluarga.

Baca Juga :  Poso Siap Dukung Pelaksanaan TDCC 2018

Hal ini diungkapkan oleh Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah Tenny C. Soriton, S. Sos, MM dalam sambutannya pada acara Pemilihan Duta Genre Kabupaten Poso yang dirangkaikan dengan Penobatan Bupati Poso sebagai Ayah Genre di Gedung Torulemba Rujab Bupati Poso, pada Sabtu Malam (13/04/19). Pengembangan Program Generasi Berencana (GenRe) ini mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda agar para remaja diharapkan dapat menjadi remaja yang tangguh siap menghadapi masa depan dengan terencana.

Diana Sigilipu selaku Ketua Panitia Pelaksana yang juga merupakan Duta Genre Kabupaten Poso tahun 2018 melaporkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dengan Pelantikan Pengurus Forum Genre Kabupaten Poso ini bertujuan untuk mensosialisasikan serta mempromosikan program generasi berencana (Genre) di kalangan remaja agar remaja Kabupaten Poso mempunyai pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara rentan, fisik, intelektual, spiritual dan social. Diana Sigilipu yang juga meraih juara harapan I pada pemilihan Duta Genre Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah pada 9 Mei 2018 yang lalu ini juga mengatakan bahwa output yang diharapkan dengan adanya program ini adalah Duta Genre tahun 2019 yang terpilih di jalur pendidikan dan masyarakat ini dapat menjadi contoh serta figure teladan bagi remaja lainnya.

Baca Juga :  Bupati Pimpin Rapat Persiapan Kabupaten Poso Ikut Porprov Sulteng VIII

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu sesaat setelah dikukuhkan menjadi Ayah Genre dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah daerah selalu menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan daerah Tana Poso. “Saya bersama Wabup Samsuri selalu mendukung setiap kegiatan positif baik yang dilakukan oleh anak-anak muda maupun organisasi-organisasi yang turut mendukung pemerintah dalam membangun Kabupaten Poso kea rah yang lebih baik” tegas Bupati Darmin.

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya program pemilihan duta genre ini, masyarakat disadarkan adanya program pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dimana nantinya lewat duta ini dapat memberikan pencerahan kepada generasi muda lainnya agar lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan masa muda dengan hal-hal yang positif. “Tunjukkanlah kepada daerah bahwa walaupun anda masih muda namun anda itu berprestasi, bukan hanya dengan kata-kata saja, melainkan lakukan aksi nyata dalam memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah kita tercinta ini. Karena masyarakat lebih membutuhkan aksi dan prestasi nyata daripada hanya melakukan hal-hal yang dapat merusak diri sendiri dan persatuan di Bumi Sintuwu Maroso” ujar Bupati Darmin menutup sambutannya.

Adapun peserta kegiatan ini telah melalui berbagai proses seleksi dengan jumlah peserta sebanyak 45 orang yang terdiri dari 25 putri dan 20 putra berasal dari berbagai universitas, sekolah menengah atas dan juga beberapa kelompok pemuda/remaja organisasi keagamaan maupun organisasi kemasyarakatan. Para peserta telah melalui pembekalan yang dilakukan di kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Poso dan pelaksanaan final dilaksanakan di Gedung Torulemba dengan juga turut menghadirkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Ir. Rusdi Bahtiar Riyeoh, S.Pi, MM, Pimpinan OPD Kabupaten Poso, Duta Genre Tingkat Nasional Tahun 2015 Maya Penyami, SH dan seluruh pendukung finalis Duta Genre Kabupaten Poso tahun 2019.

Baca Juga :  Bupati Hadiri Musyawarah Adat Lembaga Adat Pamona Poso, Sekaligus Melantik Dan Mengukuhkan Pengurus Harian Komunitas Ratontinimbo

Acara berakhir dengan terpilihnya remaja perwakilan dari STIKES Husada Mandiri Poso untuk putri atas nama Christanti dan dari SMA GKST 2 Tentena untuk putra atas nama Miguel. Selain itu juga dalam kegiatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah juga memberikan penghargaan kepada ketiga pelajar berprestasi asal Poso yakni penghargaan Vision of Peace tahun 2019 dimana ketiga pelajar ini  berhasil dalam ajang mempromosikan perdamaian dan toleransi di kalangan generasi muda lewat karya seni.

Membangun generasi milenial yang memiliki jiwa kepemimpinan, bertanggungjawab, bermartabat serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan aksi nyata pemerintahan Darmin-Samsuri dalam membangun daerah dengan perencanaan yang matang bagi anak-anak muda di Kabupaten Poso. Mengajak serta mendukung sepenuhnya lewat organisasi perangkat daerah yang ada dan memfasilitasi segala potensi-potensi di Kabupaten Poso guna pembangunan manusia yang berkualitas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image