BERBAGI

Jum’at (12/04/19). Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menerima apel siaga Linmas dalam rangka pengamanan TPS Pemilu Legislatif tahun 2019, bertempat di Halaman Kantor Bupati Poso. Dihadiri oleh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Pimpinan OPD dan peserta apel yang terdiri dari TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran dan Satuan Linmas.

Dalam pelaksanaan apel siaga tersebut dibacakan juga sumpah / janji anggota Linmas yang salah satu pointnya berisikan tentang hak dan kewajiban Linmas dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dan melakukan pembelaan Negara. Apel ini berlangsung dengan khidmat dan saat Bupati Darmin melakukan pengecheckan pasukan Nampak, Ia juga tampak sesekali berhenti seraya menyalami peserta apel dan merapikan pakaian mereka.

Baca Juga :  Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Poso, menemui Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu

Salah satu tujuan pelaksanaan apel siaga linmas ini sebagai bentuk kesiapan pengamanan TPS Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota DPD RI. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang No. 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPRD serta pelaksanaan pemilihan presiden dan wapres khususnya penjelasan pasal 152 ayat 4 yang berbunyi bahwa petugas yang menangani ketentraman, ketertiban dan keamanan di TPS berasal dari satuan pertahanan sipil / perlindungan masyarakat.

Penugasan anggota satuan perlindungan masyarakat dalam penyelenggaraan pengamanan di TPS berpedoman pada peraturan menteri dalam negeri No. 10 tahun 2009. Gelar Apel Siaga Linmas ini juga menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Poso siap untuk melaksanakan pesta demokrasi dengan mengikutsertakan anggota Linmas dalam mendukung tugas-tugas pengamanan bersama pihak keamanan lainnya.

Baca Juga :  HUT Ri ke-71 59 Napi Poso Dapat Remisi Tahanan

Linmas (Perlindungan Masyarakat) yang berada di bawah Satuan Polisi Pamong Praja nantinya akan menjaga keamanan  serta ketentraman mulai dari jalannya pemungutan suara, perhitungan suara di TPS sampai pada pengamanan kotak suara dari TPS ke PPK dan KPU Kabupaten Poso. Anggota Linmas akan ditempatkan masing-masing di setiap TPS berjumlah 2 orang serta bekerja sama dengan aparat kepolisian mewujudkan situasi yang aman dan terkendali.

Selain itu peran linmas juga membantu membina masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan hukum dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan. Linmas ini kembali diberdayakan dalam upaya Pemerintah Daearh melibatkan seluruh komponen yang ada untuk juga secara turt bersama-sama menciptakan kondisi keamanan yang baik di tengah masyarakat terlebih khusus dalam menghadapi pesta demokrasi ini.

Baca Juga :  Penyampaian Pengantar Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Poso Tahun Anggaran 2018

Bupati Poso mengingatkan dalam arahannya agar seluruh komponen masyarakat dalam menyongsong pelaksanaan pesta demokrasi agar dapat menciptakan situasi dan kondisi yang sejuk dengan menepis segala informasi dan berita yang sifatnya hanya hoax dan menghasut yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari kita lawan cara-cara yang tidak benar dengan tetap mengedepankan netralitas serta tindakan yang proporsional dan hmanis, demi terlaksananya pemilu damai, jujur dan adil” tegas Bupati Darmin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image