BERBAGI

Pemerintahan Darmin-Samsuri menorehkan prestasi baru, pada saat pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Tengah 2020, Bupati Poso Kolonel Agustinus Sigilipu menerima langsung Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Sulawesi Tengah Tahun 2019 bertempat di Hotel Santika Palu, Senin (08/04/19). Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah H. Drs. Longki Djanggola, M.Si karena Kabupaten Poso berhasil meraih peringkat pertama daerah yang memiliki perencanaan, capaian serta inovasi-inovasi pembangunan terbaik se-Sulawesi Tengah.

Melihat adanya pencapaian kerangka dokumen RKPD khususnya dalam sentuhan inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Daerah seperti pendekatan dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan yang dilakukan dengan melibatkan secara langsung seluruh perwakilan masyarakat mulai dari lembaga-lembaga yang ada di masyarakat, hingga kepada tokoh-tokoh yang dinilai sangat memberikan pengaruh dalam masyarakat turut dilibatkan dalam proses perencanaan pembangunan yang dilakukan dengan inovasi “Mogombo Lipu” sehari sebelum pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kecamatan.

Tak sampai di situ saja, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso juga melalui visi misi yang tertuang dalam Pemerintahan Darmin-Samsuri yakni “Mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah dan pemerintahan desa melalui reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas sumber daya aparatur juga menerapkan inovasi berbasis IT (E-Planning)”. Sesuai dengan paparan Kepala Bidang Perencanaan Makro Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah pada saat pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Poso tahun 2019, pada tanggal 27 Maret 2019 yang lalu. Kepala Bidang Perencanaan Makro Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan bahwa kontribusi Kabupaten Poso dalam laju pertumbuhan ekonomi di wilayah Sulawesi Tengah meningkat pada tahun 2017 sebesar 6,36% dan merupakan peringkat ke-5 tertinggi dari 13 kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Kunker Bupati Poso di Desa Mayoa Kecamatan Pamona Selatan

Hal ini pula yang menjadi salah satu kriteria penilaian mendasar Poso menerima penghargaan atas capaian pembangunan yang berhasil dilakukan oleh Pemerintah Darmin-Samsuri. Hasil kerja nyata yang tidak saja hanya mampu dilihat secara fisik baik dari penataan pembangunan di Kabupaten Poso, namun juga penghargaan ini tentunya melihat adanya proses perencanaan pembangunan yang dilakukan secara matang dan proposional sesuai dengan keunikkan yang dimiliki Kabupaten Poso.

Hal ini juga tentunya mendapatkan apresiasi langsung dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas RI yang saat itu diwakili oleh Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Dr. Ir. Subandi, M.Sc. Karena Kabupaten Poso yang berhasil masuk dalam finalis 10 besar peraih PPD tingkat Nasional ini juga menurutnya mampu membuktikan bahwa perubahan yang ditampilkan oleh Kabupaten Poso di tahun-tahun terakhir ini dapat membuka mata bagi orang luar, bahwa Kabupaten Poso memang patut untuk diperhitungkan sebagai daerah yang benar-benar serius dalam memajukan daerahnya baik itu lewat perencanaan-perencanaan terbaik, serta inovasi-inovasi yang diberikan  dalam proses pembangunan dengan keunikan yang dimiliki oleh wilayah itu sendiri.

Baca Juga :  KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN REVIEW ZONASI DI KABUPATEN POSO

Poso berhasil mengalahkan 12 Kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah lainnya untuk maju bersaing dalam meraih PPD Tingkat Nasional tahun 2019 dan akan menerima hasilnya pada saat pelaksanaan Musrenbang Nasional di Jakarta nanti. Setelah menerima kunjungan Tim Penilai PPD Bappenas pada beberapa waktu yang lalu, dengan mengikuti berbagai proses penilaian yang salah satunya lewat verifikasi data secara langsung, dimana Tim Penilai hadir di Poso untuk melihat kondisi terupdate Kabupaten Poso berdasarkan data yang telah diajukan dan juga telah melakukan wawancara atau dialog dengan masyarakat dan Jajaran Pemda serta stakeholder lainnya, saat ini Kabupaten Poso masih akan terus dipantau perkembangannya oleh Pemerintah Pusat.

Bupati Darmin saat ditemui seusai menerima penghargaan tersebut mengatakan bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan apabila kita benar-benar melakukan pekerjaan untuk memajukan daerah dengan niat hati yang tulus serta usaha yang benar. “Yang paling utama dalam bekerja adalah kita harus tetap fokus pada pekerjaan kita, apabila kita tidak fokus, maka tentunya output yang akan dihasilkan menjadi hal yang biasa saja. Tetap kompak dalam melakukan pekerjaan yang terbaik bagi masyarakat, sehingga yakin dan percaya semua cita-cita yang kita dambakan untuk Tana Poso dapat terwujud” ungkap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Bupati Poso Meresmikan Secara Langsung Kantor Desa Toini

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri RI yang diwakili oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Eko Subowo, MBA, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Dr. Ir. Subandi, M.Sc, Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati/Walikota se-Sulawesi Tengah, bersama Kepala-kepala Bappelitbangda se-Sulawesi Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image