BERBAGI

Kedatangan Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang Disambut langsung oleh  Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH bersama Pimpinan OPD Kabupaten Poso menerima dengan upacara adat Pekasiwia di Halaman Kantor Bupati Poso, Kamis (04/04/19). Kedatangan tim penilai yang terdiri dari Robert Endi Jaweng (Tim Penilai Independen), Roby Arya Brata (Tim Penilai Utama), Alex Oxtavianus (Tim Penilai Teknis) dan Joni Suwanda (Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan) ini, sehubungan dengan masuknya Kabupaten Poso dalam 10 finalis penerima PPD.

Sejak tahun 2011, Kementerian PPN/Bappenas secara rutin memberikan Anugerah Pangripta Nusantara kepada Pemerintah Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik, namun sejak tahun 2018, penghargaan tersebut berubah nama menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah. Penilaian penghargaan ini menjadi lebih komprehensif dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan saja, namun juga lebih menilai kepada pencapaian pembangunan daerah.

Baca Juga :  Family Day Keluarga Besar Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Poso

PPD diberikan kepada tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik dan tiga kota terbaik dimana penjurian dilakukan melalui proses berjenjang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan. Adapun objek dan ruang lingkup penilaian mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

Satu prestasi yang membanggakan sejak kepemimpinan duet Pemerintahan Darmin-Samsuri yang kerap mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat ini, kembali mendapat sorotan penuh terhadap kinerja yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Dimana dari sejumlah wilayah yang ada di Indonesia, Kabupaten Poso mampu menerobos masuk dalam 10 besar finalis peraih PPD. Salah satu indikator yang paling menonjol yaitu Kabupaten Poso dinilai memiliki perencanaan pembangunan yang terbaik, kinerja serta program-program inovasi terbaik se-Sulawesi Tengah. Tahapan penilaian ini merupakan tahapan penilaian akhir yang terus dipantau oleh Pemerintah Pusat yang juga sekaligus sebagai bahan evaluasi Bappenas terhadap kinerja pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Baca Juga :  Wakil Bupati Poso Melepas Kontingen Seleseksi Tilawatil Qur'an

Keberadaan Tim Penilai di Kabupaten Poso ini untuk melihat langsung atau dalam arti kata untuk verifikasi data yang telah diajukan oleh Bappelitbangda Kabupaten Poso, serta melakukan dialog dengan para stake holder dan Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Dalam keterangan yang diberikan Robert selaku Ketua Tim Penilai mengatakan, bahwa suatu prestasi yang sangat besar dimana Kabupaten Poso yang baru pertama kali masuk dalam finalis peraih penghargaan ini sudah mampu tembus dalam 10 besar dari 400 daerah/wilayah yang ada di Indonesia.

Ia juga menambahkan bahwa ini adalah prestasi yang luar biasa yang dilakukan oleh pemerintah daerah saat ini dimana untuk masuk 10 besar saja harus melewati proses penilaian yang cukup berat. Bupati Darmin dalam pertemuan tersebut sedikit menjelaskan tentang gambaran umum serta capaian pembangunan Kabupaten Poso, serta berterima kasih atas perhatian yang diberikan oleh pemerintah pusat terhadap upaya pembangunan yang terus dilakukan di Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Gereja GPdi Jemaat El-Gibbor Kele'i

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image