BERBAGI

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019, bertempat di hotel Ancyra, kamis (28/03/19). Didampingi oleh Panitia Pelaksana
H. A. Munadjib, dan Ma’moer, S.Sos. M.Si. Kegiatan ini diawali dengan penampilan Tari Torompio yang disajikan oleh Sanggar Seni Sese Ando SMA GKST 2 Tentena, yang merupakan suatu penghormatan bagi para tamu undangan.

Rapat Koordinasi (Rakor) kali ini mengusung tema “Satukan tekad bersinergi menuju kualitas lingkungan hidup yang lebih baik”. Bahwa saat ini sinergitas mutlak diperlukan dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa isu-isu pembangunan berwawasan ramah lingkungan telah menjadi tolak ukur dari pencapaian kualitas pembangunan itu sendiri. Sebab degradasi lingkungan yang terjadi saat ini bisa dikatakan betul-betul telah berada pada tahap kritis dan memprihatinkan, sehingga perlu perencanaan, penataan dan pengelolaan yang serius agar dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisir dan ditekan serta ditangani secara optimal, berdaya guna dan tepat guna.

Baca Juga :  DISKOMINFOSANDI Dalam Festival Danau Poso Ke-21

Implementasi peraturan menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 26 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan dan penilaian serta pemeriksaan dokumen lingkungan hidup dalam pelaksanaan secara perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik (OSS = Online Single Submission), pengembangan Jakstrada (kebijakan strategi daerah) dalam capaian kota sehat Adipura, serta upaya pengelolaan dalam rangka meminimalisir kerusakan lingkungan akibat bencana alam merupakan isu strategis yang mengemuka saat ini diharapkan mampu terakomodir dan sangat relevan melalui pelaksanaan rapat koordinasi teknis tahun 2019 ini.

Lanjut dikatakan oleh wabup Ir. Samsuri, M.Si, agar upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tidak hanya terfokus pada aspek-aspek tersebut, namun peran serta masyarakat secara menyeluruh yang bersinergi antara pemerintah dan masyarakat akan mewujudkan tujuan ini secara optimal. Dengan pelaksanaan rakor ini segala upaya kita bersama selama ini khususnya dalam usaha perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara bersama-sama dapat terus kita lakukan demi kelangsungan lingkungan hidup bagi anak cucu dan generasi kita yang akan datang.

Baca Juga :  Bupati Hadiri Musyawarah Adat Lembaga Adat Pamona Poso, Sekaligus Melantik Dan Mengukuhkan Pengurus Harian Komunitas Ratontinimbo

Dilanjutkan dengan Penyerahan Cendramata berupa Plakat dari Pemerintah Propinsi Sulteng diserahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulteng kepada Wakil Bupati Poso, selanjutnya Penyerahan Cendramata berupa Plakat dari Pemda Kabupaten Poso kepada Narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Sulteng dan para Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota se Sulawesi Tengah. Plakat berupa kayu Hitam ini selain berlogo Pemda Kabupaten Poso, juga ada Patung Palindo yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Poso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image