BERBAGI

Berlangsung di halaman Mako Polres Poso Gelar Apel Kesiapan TNI-Polri dan Komponen Bangsa Lainnya dalam rangka pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019, Jumat (22/03/19). Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu seusai melakukan senam bersama dalam rangka Perayaan HUT PPNI ke-45 tahun di Lapangan Maroso bersama seluruh Perawat se-Kabupaten Poso, turut hadir dalam gelar pasukan yang dipimpin oleh Dandim 1307 dan Kapolres Poso itu.

Pertemuan 3 pilar daerah pada kesempatan tersebut menunjukkan kekompakkan pertahanan daerah Sintuwu Maroso dalam upaya menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat menghadapi pemilu serentak tahun 2019. Hubungan sinergitas antara TNI – Polri dan Pemerintah Daerah di Kabupaten Poso memang terus dijaga mengingat tugas dan tanggungjawab dalam memimpin serta mengarahkan masyarakat menuju masyarakat yang aman tentram dan damai bukanlah hal yang mudah.

Baca Juga :  Upacara Perayaaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-72 Di Poso

Bupati Darmin saat ditemui saat menghadiri Apel Gelar Pasukan tersebut mengatakan bahwa kalau para pimpinan masyarakat baik yang memimpin formal maupun non formal bersama-sama masyarakat, mengarahkan masyarakat, membawa masyarakat ke arah yang tenang, damai, sejuk, merupakan suatu hal yang sangat posisitif dan merupakan jaminan bahwa pembangunan dapat berjalan dengan lancar. “Mari sama-sama kita menciptakan hal-hal yang menyejukan, di tengah maraknya berbagai isu-isu politik yang ada, walaupun kita berbeda pilihan tetapi pada hakekatnya kita adalah satu, masyarakat Bumi Sintuwu Maroso yang mencintai kedamaian” ungkap Bupati Darmin.

Dalam amanat Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia yang dibacakan oleh Dandim 1307 Poso mengatakan bahwa Pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 jenis pemilihan umum dalam waktu yang bersamaan. Ia juga mengatakan bahwa pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya.

Baca Juga :  Kunjungan Panglima TNI jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Poso

Terkait dengan masalah keamanan di Kabupaten Poso menjelang pesta demorasi besar ini, ketiga Pilar Daerah, baik Dandim 1307, Kapolres Poso maupun Bupati Poso sepakat mengatakan bahwa perkembangan kondisi keamanan di kabupaten Poso saat ini dalam kondisi baik selama setiap dari kita seluruh komponen masyarakat merasa terbeban dan memiliki tanggungjawab yang sama dalam menciptakan serta menjaga keamanan di Bumi Sintuwu Maroso. Bahwa keamanan bukan hanya tugas dari aparat keamanan melainkan juga merupakan tagas serta usaha kita bersama seluruh masyarakat dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk Tana Poso.

Gelar Pasukan ini terdiri dari kesatuan-kesatuan peserta upacara seperti Kodim 1307 Poso, Batalyon 714 SM, Yon B Pelopor Sat Brimobda Sulteng, Sat Sabhara Res Poso, Sat Lantas Res Poso, Bhabinkamtibmas, Gabungan Dat Reskrim, Intel & Narkoba, Dishub, Senkom, Satpol PP / Damkar, serta Pramuka Saka Bhayangkara. Kegiatan ini selain dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, hadir pula Danyon 714 SM, Rektor UNSIMAR, Kasubdenpom Poso, Danyon B Pelopor, Ketua KPU, Bawaslu, tokoh-tokoh agama bersama utusan-utusan Partai Politik.

Baca Juga :  Bela Negara Untuk Pelajar

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image