BERBAGI

Pemerintah daerah mengupayakan untuk menjangkau setiap pelosok wilayah daerah Kabupaten Poso lewat penyelenggaraan upacara setiap 17 bulan berjalan. Setelah pelaksanaan upacara bendera 17 bulan berjalan dilaksanakan di perbatasan Kabupaten Morowali Utara dengan Kabupaten Poso pada bulan Februari yang lalu, maka pada Senin 18 Maret 2019 kembali Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang memimpin langsung rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, dalam pelaksanaan Upacara Bendera Setiap 17 Bulan Berjalan di daerah perbatasan Provinsi Sulawesi Selatan dengan Sulawesi Tengah yang masih ada dalam kawasan Kabupaten Poso yakni desa Mayoa Kecamatan Pamona Selatan.

Dalam kunjungan kerja Bupati Darmin kali ini juga membawa sejumlah petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan untuk melayani masyarakat dengan pelaksanaan KB gratis, serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

Disamping itu juga Bupati Darmin membagikan makanan tambahan bagi anak-anak balita dan ibu-ibu hamil yang diawali dengan pemberian buah-buahan oleh anak-anak balita kepada Bupati Darmin sebagai respon rasa terima kasih dan wujud rasa bahagia atas kedatangan orang nomor 1 di Kabupaten Poso ini di wilayah paling ujung Provinsi Sulawesi Tengah. Selain itu, Bupati Darmin juga menyerahkan sejumlah bibit kayu kepada Camat Pamona Selatan dan Tenggara sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup terhadap potensi-potensi yang ada di wilayah Pamona Selatan dan Tenggara.

Rangkaian Upacara yang digelar di Lapangan Desa Mayoa ini, menghadirkan Ketua DPRD Kabupaten Poso Ellen Ester Pelealu, SE dengan peserta upacara yang terdiri dari Kepolisian, ASN di wilayah Kecamatan Pamona Selatan dan anak-anak sekolah dimulai dari SD sampai dengan SMA. Upacara berlangsung dengan khidmat dan uniknya lagi pada pelaksanaan upacara kali ini Lagu Lemba Ntana Poso juga turut dikumandangkan saat pelaksaaan upacara, dimana hal ini diinisiasi sendiri oleh Bupati Darmin.

Baca Juga :  Expose Penelitian Penyesuaian NJOP dan ZNT PBB P-2

“Sebagai wujud kecintaan serta guna menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap Tana Poso, maka di setiap acara yang digelar di Kabupaten Poso, dimana saja, Lagu ini kiranya tetap terus dikumandangkan” pesan Bupati Darmin.

Terkait dengan pelaksanaan upacara yang digilir di setiap kecamatan ini, Bupati Darmin menjelaskan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan upacara ini, ingin membuktikan bahwa salah satu upaya Pemerintah Daerah  hadir secara berkeadilan di seluruh wilayah Tana Poso dengan memberi perhatian dan pelayanan yang sama serta membangun secara bersama pula cita-cita Kabupaten Poso yang cerdas.

Pada kesempatan ini pula Bupati Poso melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari dua kecamatan yakni Pamona Selatan  yang terdiri dari Desa Mayajaya, Mayasari, Bangun Jaya, Bo’e, Pendolo, Mayoa, Uelene, Bancea, Pandajaya, Pandayora dan Lore Selatan yang terdiri dari Desa Bulili, Runde, Badangkaia, Pada, Gintu, Bewa, Bakekau, dan Bomba.

Dalam keseriusan Pemerintah Daerah di bawah Kepemimpinan Darmin-Samsuri untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat des,a guna mempercepat perwujudan kesehjateraan umum. Bupati Darmin setelah meresmikan Anggota BPD berpesan agar anggota BPD agar benar-benar dapat memahami tugas dan fungsinya dengan melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa melalui pelaksanaan evaluasi, monitoring sesuai dengan tupoksi, tapi bukan selaku pemeriksa karena yang berhak untuk memeriksa adalah Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam hal ini Inspektorat Kabupaten Poso.

Baca Juga :  Sidak Pasar Oleh Bupati Poso

Tak sampai di situ saja, dalam kunjungan kerjanya di wilayah perbatasan ini, Bupati Darmin selain mengukuhkan para pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Poso, Bupati Darmin juga meresmikan Balai Penyuluh Pertanian Wilayah Pamona Selatan. Kontak Tani Nelayan Andalan atau disingkat KTNA (NOFA, National Outstanding Farmers and Fishermen Association) sendiri merupakan suatu organisasi independen di Indonesia yang berorientasi pada aktivitas sosial di sektor agrikultur, yang berbasiskan agribisnis dan lingkungan hidup di pedesaan.

KTNA ini terdiri dari komunitas petani dan nelayan yang terpilih untuk mewakili daerah yang memiliki kualifikasi dalam kemampuan di bidangnya masing-masing dan mempunyai karakter pionir dan patriotis dalam pembangunan ekonomi daerah bahkan sampai pada tingkat nasional, khususnya di bidang agribisnis.

Dalam upaya Pemerintah Daerah mempersiapkan petani menghadapi tantangan, hambatan dan masalah pembangunan di sektor pertanian serta perikanan di masa sekarang maupun masa yang akan datang, maka para petani dan nelayan di Kabupaten Poso oleh Pemerintah Daerah dipandang perlu adanya penguatan kelembagaan lewat organisasi KTNA ini.

Bupati Darmin mengukuhkan Pengurus KTNA Kabupaten Poso dengan melibatkan dalam susunan kepengurusan yang terdiri dari ahli andalan seperti Syarifudin Odjobolo serta pengurus KTNA yang dibagi dalam bidang perencanaan/program, data, pertanian, perikanan dan kelautan, kehutanan, perkebunan, peternakan, industry, perdagangan dan koperasi, pemuda tani, wanita tani, advokasi hokum dan HAM serta bidang lingkungan hidup.

Baca Juga :  Gubernur Sulteng Lantik Penjabat Bupati Poso

Dalam arahannya Bupati Darmin menyampaikan bahwa Pengurus KTNA maupun para penyuluh Pertanian, merupakan professional yang berada di garis terdepan yang akan melayani masyarakat tani dan nelayan secara maksimal di Kabupaten Poso. Olehnya Ia berharap agar para pengurus KTNA serta penyuluh pertanian yang telah menerima sarana prasarana gedung balai yang diresmikan di wilayah Pamona Selatan ini dapat bekerja dengan baik untuk dapat meningkatkan produksi hasil perikanan, pertanian dan perkebunan Kabupaten Poso di masa datang.

Diakhir sambutannya Bupati Darmin yang bertindak langsung sebagai Pemimpin Upacara ini juga meresmikan berbagai proyek di Lingkup Dinas Pertanian Kabupaten Poso, dengan harapan menjadi semangat dan motivasi bagi seluruh komponen masyarakat maupun stakeholder untuk terus membangun serta memberikan perubahan yang signifikan bagi kemajuan daerah.

“Dalam rangka melakukan perubahan menuju Poso yang baru, Poso yang lebih maju, maka kami selaku pemerintah daerah mengajak kepada seluruh masyarakat agar secara bersama-sama kita saling bahu-membahu, saling topang menopang dalam melakukan pembangunan di Kabupaten Poso. Jangan mudah terpengaruh dengan berita-berita hoax yang beredar di media sosial yang dapat mengakibatkan perpecahan dianatar kita sesama anak daerah. Gunakan filter dalam menerima berita-berita maupun informasi-informasi yang kurang akurat sebelum anda meneruskan atau membagikannya. Karena saya yakin dan percaya bahwa masyarakat Kabupaten Poso adalah masyarakat yang Cerdas, masyarakat yang tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu negatif yang dapat merugikan persatuan di Tana Poso” Tegas Bupati Darmin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image