BERBAGI

Kedatangan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Direktur Kawasan Konservasi Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  Ir. Dyah Murtiningsih, M.Hum bersama rombongan di Kabupaten Poso disambut dengan upacara adat Pamona Poso atau yang lebih dikenal dengan Upacara Pekasiwia di Bandara Kasiguncu pada Kamis, (14/03/19).

Dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat Kabupaten Poso yang adil dan makmur, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso terus berusaha untuk mengupayakan pelaksanaan program pembangunan berwawasan lingkungan, atau juga dikenal sebagai pembangunan berkelanjutan dimana program ini merupakan upaya keseriusan Pemda dalam peningkatan kualitas hidup dengan tetap memperhatikan faktor lingkungan.

Baca Juga :  HUT Dirangkaikan Peresmian Kantor Desa Toini

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si yang menerima kedatangan Ir. Dyah Murtiningsih, M.Hum bersama rombongan di Ruang Kerjanya seusai Melaunching Layanan E-Government & Quick Service Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso pada pagi tadi, langsung menjamu dengan hangat kedatangan rombongan dari Jakarta ini. Dalam pertemuan tersebut Wabup Samsuri berterima kasih atas perhatian besar yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini KLHK terhadap Taman Konservasi yang ada di  Kabupaten Poso.

“Dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dimana harus dilakukan oleh seluruh komponen termasuk masyarakat bukan hanya pemerintah saja. Namun apabila tidak diimbangi dengan usaha dari masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup maka sebanyak apapun usaha pemerintah akan percuma. “ ungkap Wabup Samsuri. Sehingga menurutnya lagi masyarakat perlu menyadari akan bahaya dari tidak melestarikan lingkungan dalam kehidupan maka dengan demikian harus ada tindakan jelas dalam pelestarian lingkungan hidup dan salah satunya yaitu dengan melakukan penandatangan tentang kemitraan konservasi.

Baca Juga :  Bupati Pimpin Upacara 17 Bulan Berjalan

“Dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dimana harus dilakukan oleh seluruh komponen termasuk masyarakat bukan hanya pemerintah saja. Namun apabila tidak diimbangi dengan usaha dari masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup, maka sebanyak apapun usaha pemerintah akan percuma. “ ungkap Wabup Samsuri. Sehingga menurutnya lagi masyarakat perlu menyadari akan bahaya dari tidak melestarikan lingkungan dalam kehidupan maka dengan demikian harus ada tindakan jelas dalam pelestarian lingkungan hidup dan salah satunya yaitu dengan melakukan penandatangan tentang kemitraan konservasi.

Ir. Dyah Murtiningsih, M.Hum mengatakan bahwa Direktorat Kawasan Konservasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan evaluasi pelaksanaan bimbingan teknis, dan supervisi pelaksanaan urusan di daerah tentang pengelolaan kawasan konservasi. “Sehingga terkait dengan itu, kedatangan kami ke sini untuk membangun pengelolaan kawasan konservasi bersama dengan masyarakat dengan membentuk perjanjian dalam sebuah penandatanganan kemitraan konservasi. “ tegas Dyah.

Baca Juga :  HUT SUMPAH PEMUDA KE-87 DI KABUPATEN POSO

Ia juga menambahkan bahwa masyarakat memang benar diajak bersama untuk melakukan kemitraan konservasi dan diakui bahwa masyarakat tersebut (masyarakat di lembah bada, red) adalah masyarakat yang memang berinteraksi langsung dengan kawasan konservasi sehingga nantinya bersama-sama dengan pihak balai besar taman akan melakukan kegiatan bersama dalam kegiatan konservasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image