BERBAGI

Bertempat di Kantor Kementrian Agama ( Kemenag ) Kabupaten Poso,kamis (14/03/19). Wakil Bupati Poso menghadiri Launching Layanan – E-Goverment dan Quick Service Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso, untuk mewujudkan Komitmen Kementrian Agama Lebih Dekat Melayani Ummat, Menjunjung Kearifan Lokal, didampingi FKPD, Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sulteng, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso, Perwakilan OPD, Perbankan, FKUB, tokoh Agama baik Islam, Kristen dan Hindu serta dihadiri oleh tamu undangan.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso Drs. H. Makmur Muh. Arief, M.Pdi menyatakan bahwa dari 13 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah, Kabupaten Poso yang pertama menerapkannya. Tujuannya untuk memudahkan dan mengefisienkan terutama dalam integrasi data. Layanan secara online terhadap kebutuhan pembaca doa ataupun layanan haji akan lebih akuntabel dengan menggunakan aplikasi ini. Pendirian tempat-tempat ibadah dari bermacam agama yang ada di Kabupaten Poso akan menjadi lebih transparan terhadap segala persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk penerbitan kartu nikah secara online, Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso akan bekerjasama dengan Dukcapil. Layanan informasi yang diberikan akan up to date, sehingga umat akan melihat program apa yang ada di kemenag. Sumber dan penggunaan dana akan lebih mudah dilihat transparansinya.

Baca Juga :  Peresmian Tugu FKUB Di Tambarana Desa Sadar Kerukunan

Wakil Bupati menyampaikan dalam sambutannya, tuntutan masyarakat terhadap layanan prima terhadap pelayanan publik diseluruh kantor pemerintah semakin tinggi, hal ini didukung dengan semakin majunya teknologi komunikasi dan informasi yang ada. Oleh karena itu kita sebagai ASN harus mampu menjawab tantangan tersebut dengan menyiapkan sarana pendukung, sehingga tuntutan pelayanan publik yang baik dan terpercaya dapat terpenuhi bagi masyarakat yang dilayani. Peluncuran layanan E-Goverment dan Quick Service oleh Kemenag Kabupaten Poso pada hari ini tentu memberikan indikasi bahwa Kemenag Kabupaten Poso siap melangkah lebih maju dan terus bersinergi dengan semua pihak untuk meningkatkan pelayanan dan kemajuan daerah tercinta.

Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan, dengan adanya layanan berbasis online seluruh kantor pemerintah yang ada di daerah ini, tentu memberikan dukungan yang signifikan bagi kemajuan bersama menuju tercapainya Visi dan Misi Pemda Kabupaten Poso. Karena dukungan layanan berbasis E-Goverment dan Quick Service memberikan kemudahan antara lain:
1. Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para masyarakat, kalangan bisnis dan industi terutama kinerja yang efektif dan efisien.
2. Meningkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah dalam rangka penerapan konsep Good Governance di pemerintahan yang bebas KKN.
3. Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari.
4. Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan.
5. Menciptakan suatu lingkungan pemerintah baru yang secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada, dan
6. Memberdayakan masyarakat sebagai mitra pemerintau dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis. Semoga dengan layanan ini, kedepan akan semakin memudahkan masyarakat Poso dalam hal mendapatkan layanan sesuai dengan konten aplikasi yang disediakan.

Baca Juga :  Wabup Lepas Street Parade Lomba Drumband

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulteng Dr. H. Rusman Langke, M. Pd menyampaikan apresiasi apa yang sudah dilakukan oleh kepala kantor kementrian agama Kabupaten Poso bersama jajarannya dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan keagamaan bagi masyarakat kabupaten Poso. Pelayanan terpadu satu pintu adalah salah satu program dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas reformasi birokrasi, sejak tahun 2016 sebanyak 34 Provinsi di Indonesia telah melakukan program ini.

Bersyukur karena tahun ini ada di Kabupaten Poso. Speed tercepat dalam berinovasi adalah Kabupaten Poso. Selanjutnya Kabupaten Luwuk Banggai juga akan melakukan hal yang sama pada tahun ini. Manajemen modern yang kita lakukan saat ini melalui E-Goverment dan Quick Service sebagai upaya pemerintah dalam revornasi birokrasi meliputi 8 areal diantaranya: perubahan, pola pikir dan budaya kerja, organisasi, tata laksana, pengawasan, akuntabilitas dn pelayanan publik. Nilai BB 74,02 dan hal ini berpengatuh terhadap kesejahteraan pegawai. Mentri Agama tahun ini berharap meraih nilai 84 (A) banyak tahapan yang harus dilaksanakan. Taglinenya adalah bersih melayani ummat sedangkan misinya adalah meningkatkan kualitas pengamalan agama, intelektualitas ummat beragama baik secara internal maupun external. pemerintah dan ummat beragama adalah satu kesatuan yang saling mendukung bagi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Baca Juga :  PKK Kabupaten Poso Peringati Hari Kartini

Layanan tersedia dalam 3 loket : Loket 1 layanan Umum (Nursyamsi, SH) Loket 2 Layanan Data dan Infornasi (Aaf Saeful Ibad, SH) Loket Layanan Kepegawaian (Zara Darna, SE). Informasi Kemenag Kabupaten Poso dapat diakses melalui website: PTSPkemenagposo.on line

Selanjutnya Penandatanganan Prasasti Musholla Al-Ikhkas Balai Nikah dan Manasik Haji Kabupaten Poso: 1. Mushollw Al-Khairat Kecamatan Poso Kota, 2. Mushollah Al-Ikhlas Kecamatan Lage dan 3. Musholla Al-Ikhlae Kecamatan Pamona Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image