BERBAGI

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Hi. Longki Djanggola, Msi mendapat kepercayaan pemerintah pusat melalui Departemen Dalam Negeri mengikuti Study Regional and Urban Development Strategy di University of California Los Angeles (UCLA) Amerika Serikat yang berlangsung mulai tanggal 1 – 9 maret 2019. Kegiatan ini bekerjasama dengan INADATA Consulting yang berbasis di kota Irvine, California.Kegiatan ini bertujuan memajukan pembangunan di Indonesia dengan menekankan penguasaan informasi dan pengetahuan khususnya dalam ” Memajukan pembangunan daerah dan kota di Indonesia dan meningkatkan Investasi dan ekspor-impor Ametika Serikat dan dunia internasional di Indonesia”.

Dalam memajukan pembangunan daerah dan perkotaan, INADATA menyediakan jasa riset dan konsultasi. Melalui kerja sama dengan berbagai universitas top di Amerika Serikat (AS)  dan Networking dengan pemerintah daerah kota di AS, serta kerja sama dengan kementrian Dalam Negeri RI, dengan memberikan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah dalam bidang perencanaan dan monitoring.

UCLA sendiri adalah salah satu universitas top dunia di California dan merupakan bagian dari pada University of California System yang mencakup University of Califodnia Irvine (UCI) dan University of California Berkeley. Bupati Darmin bersama sejumlah kepala daerah di Indonesia, selama berada di Amerika Serikat akan mengikuti program yang difokuskan pada Pilar daerah kota berdaya saing yakni: 1. Pengembangan Kualitas tenaga kerja dan SDM daerah /kota dengan topic: Strategic Partnership behween public and private sectors in developing competitiv regional and urban/local economies ; A case of vocational education and comunity college. 2. Pengembangan lokal Bisnis dan Ekonomi: topic; Tips and Strategies in Promoting Competitive Urban/ Lokal Business and Economy; Sharing from greater Irvine Chamber of Commerse. 3. Pengembangan potensi ekspor dan investasi. Topic and activity exploring export to the US ; Atending Natural Product West Expo, meeting with importers and exporters in one of the largest natural product expos in the worl. 4. Pengembangan pembangunan daerah/kota yang berkelanjutan. Topic, Regional and lokal policies on climate charge to support sustainable development leaming from California. Sistem yang digunakan adalah kombinasi kuliah dan diskusi dengan pemerintah kota, pelaku bisnis , serta kunjungan ke sentra-sentra industri, bisnis pariwisata, pengembangan masyarakat dan pemerintah di California.

Baca Juga :  Sosialisasi Pelaksanaan Pilkades

Selain itu, peserta juga akan menghadiri “Natural Products Expi West 2019 di Anaheim dan bertemu dengan para importir dan exportir produk-produk makanan natural dari seluruh dunia. Keikutsertaan orang no.1 di tana Poso itu tentunya tidak lepas dari niat tulus untuk terus mengembangkan dan membangun kota Poso, serta diharapkan nantinya dapat menggenjot berbagai potensi lainnya dalam upaya pembangunan secara menyeluruh di bumi sintuwu maroso.

Kegiatan yang dikemas oleh kementrian Dalam Negeri itu diharapkan dapat membantu pemerintah daerah/kota di Indonesia untuk membangun daerah/kota yang berdaya saing, yang salah satunya berlandaskan pembanguan manusia dan ketenagakerjaan. Meskipun berada di Amerika, namun bupati Darmin terus melakukan pantauan terhadap pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di kabupaten Poso, yang selama berada di Amerika dikendalikan oleh Wabup Ir. Samsuri. Msi.

Baca Juga :  Tabligh Akbar Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H

Salah satunya adalah pelaksanaan perayaan HUT Kota Poso ke-124, mulai dari awal persiapan sampai pada acara penutupan. Tak heran jika semua seksipun terus bekerja secara serius dibawah pengawasan Wabup Samsuri, namun secara periodikpun dilaporkan, baik melalui foto maupun video . Berdasarkan laporan tersebut hingga acara penutpan, melalui media komunikasi, Bbupati Darmin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh panitia pelaksana, anggota Forkopimda, BUMN, BUMD, Swasta bahkan seluruh masyarakat atas dukungan dan kebersamaan yang telah ditunjukan sehingga perayaan HUT Kota Poso ke-124 tahun 2019 berjalan lancar, aman dan sukses.

Ia berharap kebersamaan ini terus terpelihara dengan baik agar bisa memberikan karya-karya besar bagi kesejahteraan masyarakat , bekerjalah dengan baik untuk bumi sintuwu maroso sebagai ibadah, harap mantan Danyon marinir itu melalui WA nya. Sementara Wabup Samsuri sendiri, memantau sekaligus menyaksikan langsung setiap kegiatan sejak awal hingga acara penutupan yang berakhir pukul 01.00 selasa dini hari. Inilah kebersamaan dan kekompakan yang ditunjukan pemerintahan Darmin-Samsuri, tak kenal waktu dan tempat, demi untuk memberikan yang terbaik bagi masa depan  tana Poso.

Baca Juga :  10 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 13 dan Gontor Putri Kampus 6 Ittihadul Ummah Poso

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image