BERBAGI

Suwardhi Pantih, S.Sos, MM resmi menjabat sebagai Rektor UNSIMAR Poso menggantikan Kisman Lantang, SE, M.Si untuk periode 2019-2023. Pengembangan Perguruan Tinggi sebagai pusat unggulan (Center of Excellent) dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain  adalah ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum, dosen, staf administrasi, dukungan anggaran dan sebagainya.

Namun demikian salah satu faktor pendukung keberhasilan tersebut tidak lain juga ditentukan oleh adanya dukungan manajemen dan leadership dari pimpinan perguruan tinggi tersebut seperti rektor dan jajaran pimpinan fakultas. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si saat hadir menyaksikan Pelantikan Rektor UNSIMAR Poso di Hotel Ancyra Poso, Rabu (06/03/19).

“Tidak salah jika kondisi ini kita ungkapkan dengan istilah Man behind the gun yang berarti baik buruknya institusi perguruan tinggi sangat ditentukan oleh siapa yang mengelola lembaga pendidikan tersebut” ungkap Wabup Samsuri.

Baca Juga :  Caping Day Siswi SMK 2 GKST Keperawatan

Dunia perguruan tinggi saat ini sedang mengalami metamorfosis yang cepat, dimana kita tidak dapat lagi bertahan dan menutup diri dari dinamika dan perkembangan global. Ia juga mengatakan bahwa disadari atau tidak perkembangan peradaban manusia sangat dipengaruhi oleh kemampuan masyarakatnya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga di sinilah arti dan peran penting perguruan tinggi sebagai salah satu agen perubahan.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami sangat mengharapkan Rektor Terpilih agar dalam kepemimpinannya ke depan dapat melaksanakan manajemen yang baik serta mampu mensejajarkan diri dengan Universitas-Universitas yang ada di daerah lainnya melalui langkah inovatif serta kreatif dalam menciptakan karya nyata bagi pembangunan nasional pada umumnya dan daerah pada khususnya” ungkap Wabup samsuri

Baca Juga :  SMK Kristen 2 Tentena menggelar Cupping Day

Setelah melantik Suwardhi Pantih, S.Sos, MM sebagai Rektor baru UNSIMAR, Yan Edward Guluda, SH, MH selaku Ketua Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso berharap agar Rektor baru ini dapat benar-benar fokus pada persoalan kualitas hasil lulusan yang dikeluarkan oleh UNSIMAR sebagai Universitas kebanggan Kabupaten Poso yang juga menerima mahasiswa yang berasal dari Kabupaten tetangga seperti Touna dan Morowali Utara. “Mengingat sengitnya persaingan dunia kerja saat ini sehingga para lulusan Perguruan Tinggi juga harus dipersiapkan bukan hanya sebagai tenaga yang siap bekerja saja melainkan juga harus dipersiapkan sebagai pencetak atau pencipta lapangan-lapangan kerja yang baru” tegas Yan Guluda

Ia juga menambahkan hendaknya pembagian tugas antara yayasan dengan universitas harus lebih dipertegas lagi dimana Universitas akan fokus pada urusan akademik sementara urusan pembangunan akan ditangani oleh yayasan. “Selaku Ketua Yayasan kami juga berterima kasih kepada Rektor yang lama atas pengabdian yang telah diberikan selama ini dimana perkembangan dari UNSIMAR di setiap tahunnya mengalami kemajuan yang cukup pesat karena di bawah kepemimpinannya mampu mengupgrade semua program studi terakreditasi B” ucap Ketua Yayasan.

Baca Juga :  Perayaan Peringatan HUT PGRI Ke-73 dan Hari Guru Nasional Tahun 2018

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hj. Sitti Norma Mardjanu, SH, M.Si, MH, Ketua Aptisi Sulteng Tri Indiyono, FKPD, Ketua Yayasan, Pimpinan OPD dan BUMN/BUMD, Para Mantan Rektor dan para dosen serta staf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image