BERBAGI

Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah Drs H. Moh. Hidayat Lamakarate, M. Si saat membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M. Si pada Perayaan HUT Kota Poso Ke-124 tahun 2019 di Lapangan Maroso, pada hari Jumat (01/03/19) mengatakan, atas nama Gubernur “Kami  Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, mengapresiasi kinerja kepemimpinan yang telah ditunjukkan oleh duet Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Poso Samsuri, yang selama 3 tahun sangat akur, kompak dan jauh dari desas-desus perselisihan serta keduanya dapat saling memahami, saling menjaga dan saling melengkapi kekurangan-kelebihan masing-masing sebagai mitra kerja yang padu, yang menginspirasi serta mampu menyuntikkan semangat bagi jajaran aparatur Poso, untuk terus berinovasi, meningkatkan kerja pengabdian dan pelayanan publik yang makin memuaskan masyarakat Poso”.

Ia juga mengatakan bahwa sejak beberapa tahun terakhir, pelaksanaan peringatan HUT Kabupaten Poso yang jauh berubah dibanding dengan sebelumnya dimana hal ini menampakkan secara jelas bahwa ini merupakan upaya konkrit pemerintah kabupaten Poso untuk merangkul dan menyatukan berbagai element yang ada, guna mempromosi dan memoles kembali image Poso, dengan harapan melalui perayaan HUT Kota Poso ini bisa mengubah pandangan masyarakat luar yang keliru terhadap situasi di Kota Poso.

Baca Juga :  Jalan Santai Para Santri Di Poso Peringati Hari Santri Nasional

Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah ini juga mengajak serta seluruh komponen masyarakat agar tetap terus mendukung pemerintah yang ada dengan turut berperan serta, membantu meluruskan, menerangkan dan memviralkan keadaan Poso yang semakin maju, masyarakat yang hidup rukun dan damai serta bersahabat dengan segala potensi yang ada di Kabupaten Poso seperti keindahan Danau Poso, Pantai Siuri, Air Terjun Saluopa serta juga terdapat negeri dengan bukit-bukit teletubbies dan menelusuri jejak peradaban purba yang ada di lembah besoa.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M. Si mengatakan bahwa pada usia yang sudah menginjak usia 124 tahun ini, Kota Poso ini telah melalui berbagai dinamika dalam upaya memenuhi perkembangan zaman dan tuntutan pelayanan terhadap masyarakat. Mengingat peranannya sebagai pusat pelayanan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan. “Saya bersama Bupati Poso, memohon doa restu kepada seluruh komponen masyarakat, sesuai dengan visi misi kami sejak dilantik pada 16 Februari 2016 yang lalu, dalam implementasi pembangunan Poso yang cerdas (Ceria, elok, masyarakat yang ramah, damai, adil dan sejahtera) nantinya akan membawa pada kontribusi kami masyarakat Poso dalam mewujudkan Provinsi Sulawesi Tengah yang bangkit dan maju serta dapat disejajarkan dengan daerah-daerah lainnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia” ungkap Wabup Samsuri.

Baca Juga :  Kabupaten Poso Dinilai Memiliki Perencanaan Pembangunan, Kinerja Serta Program-Program Inovasi Terbaik Se-Sulawesi Tengah

Kemeriahan perayaan HUT Kota Poso ini juga turut disaksikan oleh Kementrian Pertahanan dan Keamanan Negara RI Komisi Bela Negara Kol. Marham Paputungan, Dan Lanal, Kabinda, sejumlah Pimpinan Daerah-Daerah tetangga seperti Bupati Touna Mohammad Lahay, SE, MM, Wabup Donggala Moh. Yasin, S. Sos, Ketua DPRD Parimo yang diwakili oleh H. Usman Yamin, Sekda Parimo H. Ardi, S.Pd, MM, Sekda Morut Ir. Musda Guntur, MM, Mantan Bupati Poso Arief Patanga, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulteng, serta seluruh masyarakat Kota Poso 3 kecamatan yakni Poso Kota, Poso Kota Utara dan Poso Kota Selatan.

Kegiatan ini dibuka dengan Pengibaran Bendera Merah Putih yang diarak dari 2 titik pada pagi harinya mulai dari Perbatasan Poso Kota Selatan dan Kecamatan Lage serta Perbatasan Poso Kota dengan Poso Pesisir dan diterima langsung oleh Wabup Samsuri. Dilanjutkan dengan devile dari 3 kecamatan yang ada di Kota Poso yang terdiri dari beberapa kelurahan dengan sejumlah atraksi-atraksi menarik dan kostum-kostum busana adat serta penampilan geso-geso. Menutup acara Perayaan Hut Kota Poso ke-124 ditampilkan atraksi Yong modo dari Batalyon 714 SM dan semarak Poso Tourism Carnival yang menghadirkan peserta dari Kabupaten-Kabupaten tetangga seperti Parimo, Banggai Laut serta Touna dan dari Kota Malang Jawa Timur.

Baca Juga :  Musyawarah Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Ke IX Kabupaten Poso

Ketua Panitia Pelaksana Perayaan HUT Kota Poso Ruddy Ricardo Rompas, SH, MH dalam laporanya menyebutkan bahwa tujuan diselenggarakannya Perayaan HUT Kota Poso ini selain sebagai ajang promosi daerah tentang budaya serta jasa hasil-hasil unggulan daerah Poso juga sebagai ajang silaturahhmi antar daerah.

Ia juga melaporkan sejumlah kegiatan yang telah terlaksana mulai dari 22 Februari 2019 seperti jalan santai dan senam bersama, sparing partner tinju Poso, lomba karambangan, pop daerah, serta lomba busana adat. Semarak perayaan Hut Kota Poso ini belum berakhir karena masih akan dimeriahkan dengan Poso Expo yang dilaksanakan di Poso City Mall, Poso Idol, dan masih banyak lomba-lomba kesenian lainnya. Dengan mengangkat tema “Bersama membangun Poso cerdas sebagai daerah tujuan wisata”, rangkaian perayaan HUT Kota Poso sendiri rencananya akan ditutup pada Senin 4 Maret 2019.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image