BERBAGI

Berbagai upaya yang dilakukan baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah terhadap wilayah perdesaan selama ini, dilaksanakan atas niat baik Pemerintah yang memulai pembangunan dari desa. Ini diungkapkan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu saat meresmikan Sarana Tribun Lapangan Desa Panjo Kecamatan Pamona Selatan seusai memimpin Musrenbang Kecamatan Cluster V Wilayah Pamona Selatan, Timur dan Tenggara pada Sabtu, (23/02/19).

Kehadiran orang nomor 1 di Kabupaten Poso di desa Panjo diterima dengan sukacita oleh masyarakat desa Panjo bersama Pimpinan OPD dengan pengalungan enu kalide dan tari-tarian khas desa Panjo. Bupati Poso yang melanjutkan kunjungan kerjanya seusai berkunjung di desa Pendolo itu terlihat tidak pernah lelah saat bertemu langsung terjun melawat ke desa-desa untuk bertemu dengan masyarakat.

Antusias warga juga terlihat saat penyambutan warga masyarakat desa Panjo terhadap kedatangan Bupati Poso bersama rombongan dengan tepuk tangan riuh dan menyalami pemimpin daerah mantan pasukan khusus pengaman di Kamboja itu. Kerinduan Bupati Darmin untuk bertemu secara langsung dengan masyarakat di seluruh pelosok wilayah Kabupaten Poso membuatnya untuk mengagendakan jadwalnya yang hampir setiap hari turun ke kecamatan untuk meluangkan waktu khusus bertemu dan melihat langsung kondisi kehidupan masyarakat.

Baca Juga :  Penyampaian Nota Keuangan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2015

Kedatangan Bupati Darmin ini untuk meresmikan Tribun Lapangan Desa Panjo yang telah dibangun melalui program keserasian sosial dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang bersifat stimulan. “Kita Patut bersyukur karena dukungan pemerintah pusat selama ini untuk kemajuan dan pembangunan daerah terus mengalir dengan berbagai program yang diluncurkan khususnya yang mengarah di desa-desa sehingga apa yang diimpi-impikan masyarakat desa Panjo untuk memiliki lapangan dengan dilengkapi tribun bisa terwujud” ungkap Bupati Darmin mengawali sambutannya.

Program Dana Desa, Program Keserasian Sosial dan program-program dari kementrian lainnya selalu diarahkan ke wilayah pedesaan sebagai bentuk untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis dilandasi oleh nilai dasar kebersamaan, toleransi, saling menghargai dan menghormati, sehingga dapat membangun, memantapkan dan mengembangkan serta memelihara kehidupan bersama di antara anggota masyarakat. Adapun bentuk kegiatan keserasian sosial berupa kegiatan fisik maupun non fisik dengan melibatkan unsur masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan fisik seperti pembuatan sarana jalan kampung, rehabilitasi sarana ibadah, pembuatan lapangan olahraga, rehabilitasi saluran air lingkungan, pengadaan air bersih, pembuatan sarana penerangan lingkungan dan pembuatan tugu keserasian sosial.

Baca Juga :  Wabup Buka Musrenbang Kluster I

“Karena itu terhadap seluruh program yang diarahkan ke wilayah-wilayah perdesaan seperti saat ini, kiranya masyarakat desa mendukung sepenuhnya kegiatan pembangunan dalam berpartisipasi aktif serta ikut serta membangun desa melalui bidang tugas masing-masing” ucap Bupati Darmin. Harapan Pemerintah Daerah sendiri kepada masyarakat desa dengan adanya bantuan-bantuan yang diberikan kepada masyarakat di wilayah perdesaan juga harus mampu untuk bersinergi dengan pemerintah daerah sehingga setiap program pembangunan yang saat ini tengah gencar-gencarnya dilakukan oleh pemerintahan Darmin-Samsuri bisa terwujud.

Dalam 3 tahun kepemimpinan Darmin-Samsuri mengemban amanah rakyat sejak dilantik 16 Februari 2016 mulai menampakkan perubahan yang signifikan dimulai dari segi fisik pembangunan infrastruktur yang terus diupayakan pemerintah daerah yang tidak hanya terfokus di Ibukota Kabupaten saja melainkan secara perlahan mampu menjangkau hingga pada pelosok wilayah pedesaan. Tidak hanya di bidang fisik saja melainkan dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat juga dalam bidang kesehatan, Pemerintahan Darmin-Samsuri terbukti mampu untuk mengikutsertakan 15 puskesmas dan RSUD Poso untuk mengupgrade / meningkatkan standar pelayanan lewat penilaian akreditasi.

Baca Juga :  Kota Poso Masuk Lokasi Sasaran Pemetaan Profil Target Khalayak, Media, dan Program Prioritas dan Kebijakan Pemerintah 2017

“Jaga, pelihara dan rawat setiap bantuan yang diberikan. Karena bantuan yang diberikan itu bukanlah melalui suatu proses yang mudah. Berbagai upaya telah kami lakukan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Secara bertahap, kami mencoba melakukan yang terbaik. Selaku Pimpinan Daerah, saya yakin dan percaya masyarakat mampu memanfaatkan pemberian tersebut dengan sebaik-baiknya. “ ucap Bupati Darmin menutup sambutannya. Peresmian Sarana Tribun Lapangan tersebut ditandai dengan pengguntingan pita yang sebelumnya kembali Bupati Darmin memberikan bantuan makanan tambahan kepada para balita dan ibu-ibu hamil di desa Panjoka.

Turun ke lapangan langsung membawa serta sejumlah pimpinan OPD dan bantuan yang diberikan merupakan ciri khas Pemerintahan Darmin-Samsuri dalam melayani masyarakat hingga ke pelosok desa. Selain memberikan bantuan makanan tambahan, masyarakat desa Panjo juga terlayani dengan adanya pelayanan kesehatan dan KB gratis serta pendaftaran KTP-El bagi penduduk yang belum terdaftar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image