BERBAGI

Rabu, (20/02/19) bertempat di Hotel 77, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu secara langsung menghadiri dan melihat kegiatan pembinaan dan pelatihan Tilawatil Qur’an Kabupaten Poso Tahun 2019. Dihadiri oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso yang diwakili Kasi Bimas Islam Drs. H.Wawa Suryatna, M.Hi serta Ketua MUI Poso KH.Arifin Tuamaka, S.Ag.,MM.

Kegiatan ini selain bertujuan untuk upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pengetahuan Qori – Qori’ah dalam memahami seni baca Tilawatil Qur’an, juga dalam upaya Pemerintah Daerah dalam memberikan pengetahuan spesifik kaidah-kaidah Tilawatil Qur’an dan sikap mental dalam mempersiapkan diri untuk ikut serta Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2019 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Morowali Utara nantinya.

Baca Juga :  Wapres JK resmikan sekolah Harmoni di Poso

Peserta pembinaan dan pelatihan Tilawatil Qur’an ini terdiri dari Tilawah kanak-kanak putra putri, Tilawah Dewasa putra putri, hafizh 1 juz dan Tilawah laki-laki dan perempuan, hafizh 5 juz dan Tilawah putra putri, hafizh 10 juz putra putri, Tafsir bahasa Arab putra putri, Hafalan 100 Hadits putra putri, serta Hafalan 500 Hadits putra dan putri.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 20 sampai dengan 25 Februari 2019 dengan pelatih Qori’ terbaik Internasional tahun 2000 di Teheran Iran, Ust. Drs. H. Abd.Aziz Tammauni,MM dan Ustdzah Hj.Hasni Hi. Timi, Qori’ah terbaik Internasional Tahun 2000 di Malaysia.

Perhatian serta kepedulian Pemerintah Daerah yang diberikan terlebih khusus pada kegiatan-kegiatan pembangunan kehidupan beragama selalu diupayakan oleh Pemerintahan Darmin-Samsuri, erlebih untuk penyelenggaran STQ di Kabupaten Morut mendatang. Menurut Bupati Darmin yang ditemui saat memantau langsung pembinaan serta pelatihan Tilawatil Qur’an ini, bahwa kegiatan STQ yang akan dilombakan juga merupakan proses pembinaan mental dan spiritual bagi SDM pelaku pembangunan.

Baca Juga :  Perayaan Peringatan HUT PGRI Ke-73 dan Hari Guru Nasional Tahun 2018

“Dengan sumber daya yang beriman, berakhlak dan memiliki dedikasi yang tinggi, apa yang dicita-citakan untuk Kabupaten Poso yang cerdas yakin dan percaya pasti dapat diwujudkan bersama” tegas Bupati Darmin.

Sebagaimana dikemukakan, bahwa peran pemerintah dalam kaitannya dengan kehidupan beragama adalah sebagai administrator dan kordinator bagi terselenggaranya kehidupan beragama yang baik di Tana Poso. Oleh karenanya lanjut Bupati Darmin bahwa Pemerintah Daerah selalu berupaya juga untuk melakukan pembangunan kehidupan beragama di Kabupaten Poso dengan tujuan agar kehidupan beragama itu selalu menuju  ke arah yang positif.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image