BERBAGI

Dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Derah Kabupaten Poso melalui inovasi-inovasi yang lebih efektif dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, maka Pemda Kabupaten Poso bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara RI melalui Direktorat Kinerja Aparatur Sipil Negara menyelenggarakan Sosialisasi Manajemen Kinerja ASN Berbasis E-Kinerja dan Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bertempat di Gedung Badan Diklat Maliwuko, Rabu (20/02/19). Kegiatan yang menghadirkan Camat, Kepala Desa / Lurah se-Kabupaten Poso dan Kasubag Kepegawaian serta operator di tiap-tiap instansi ini bertujuan untuk  menjadikan aplikasi ini sebagai media komunikasi dalam rangka peningkatan kapabilitas Sumber Daya Aparatur Sipil Negara agar menjadi lebih profesional.

Dengan adanya Manajemen kerja ASN yang berbasis E-Kinerja ini juga diharapkan mampu menjadikan Kabupaten Poso yang memiliki suatu sistem informasi bagi Pimpinan untuk mengukur kinerja ASN. Sehingga mampu untuk meningkatkan produktifitas serta kinerja pegawai dan untuk mewujudkan ASN sebagai bagian dari reformasi birokrasi. Dalam Sambutan Kepala BKN RI Direktorat Kinerja ASN yang disampaikan oleh Kasubdit Penyusunan Sistem Penilaian Kinerja dan Standar Kinerja Jabatan ASN J. Irawan Darmanto, SH mengatakan bahwa Undang-undang nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS mengamanatkan pola manajemen yang terpadu dan sistematis. Karena penerapan sistem aplikasi manajemen PNS ini menjadi tuntutan  yang harus dipenuhi guna meningkatkan kinerja PNS.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu di hadapan para Pimpinan OPD yang akan menerapkan aplikasi E-Kinerja ini mengatakan bahwa 5 OPD yakni Inspektorat, BKPSDM, BPKAD, Bappelitbangda dan Sekretariat Daerah sebagai pioneer penerapan aplikasi E-Kinerja di Kabupaten Poso diharapkan mampu memaksimalkan pelaksanaan aplikasi ini secara menyeluruh kepada ASN di unit kerjanya masing-masing sehingga nantinya aplikasi ini juga dapat diterapkan di seluruh OPD, kecamatan, dan kelurahan yang ada di Kabupaten Poso. “Dengan adanya aplikasi ini tentunya menjadi langkah strategis yang tepat untuk memberikan kesempatan kepada seluruh ASN agar dapat mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan, pengetahuan, pengalaman dan wawasan dalam setiap tugas dan tanggung jawab” ucap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Workshop Pengelolaan Laboratorium Inovasi

Menurut Bupati Darmin, bahwa penerapan sistem E-Kinerja ini akan lebih memudahkan dalam melakukan penilaian secara akurat baik untuk kepentingan pemberian nilai SKP setiap ASN maupun untuk membantu kecermatan dalam melakukan analisis jabatan. “Kepada jajaran BKPSDM agar nantinya terus melakukan pantauan dan evaluasi secara periodik dan berjenjang kepada 5 OPD yang menjadi percontohan aplikasi E-Kinerja ini, sehingga melalui penerapan E-Kinerja yang baik akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja sumber daya Aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Poso” tegas Bupati Darmin.

Di akhir acara, Bupati Darmin bersama Kepala BKN RI menandatangani Kesepakatan Bersama tentang Kerja sama penerapan manajemen kinerja ASN berbasis E-Kinerja dengan ruang lingkup kesepakatan meliputi persiapan awal penerapan, pelaksanaan dan penyampaian laporan hasil pelaksanaan manajemen ASN berbasis E-Kinerja di Lingkup Pemda Poso. Adapun bentuk kerja sama mencakup pemanfaatan teknologi, informasi, komunikasi dan aplikasi berbasis online, pelatihan, dan pendampingan teknis serta pengembangan sistem informasi manajemen perencanaan dan penganggaran serta pelaporan yang dalam pelaksanaannya akan dibuatkan dalam bentuk perjanjian.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Poso Dalam Rangka Pembukaan Masa Persidangan I DPRD Kabupaten Poso Tahun 2019.

Selanjutnya kelima Pimpinan OPD sebagai pioneer dalam penerapan aplikasi ini juga melakukan penandatanganan pakta integritas yang berisikan tentang pernyataan bahwa Pimpinan OPD tersebut akan berperan secara pro aktif dalam pelaksanaan penerapan aplikasi ini dengan melakukan pengawasan dalam mengukur dan memantau kinerja pegawai di lingkungan kerjanya secara transparan, jujur, obyektif dan akuntabel serta melaporkan hasil penilaian kinerja pegawainya secara berkala kepada Bupati Poso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image