BERBAGI

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu melaunching Kegiatan Bina Desa Mandiri yang dilaksanakan oleh PT. Poso Energy pada Selasa, (19/02/19) bertempat di Tribun Lapangan Pamona Puselemba. Kegiatan ini mengikutsertakan 8 kelompok UKM Program Bina Desa Mandiri yang terdiri dari usaha kue bakar kelompok Bina Usaha Tandobone Desa Peura, usaha saos tomat kelompok Bupol desa Buyumpondoli, usaha custom case handphone dan souvenir (kaos, mug, dll) kelompok Risma Jami Baitullah Tentena Kelurahan Sangele, usaha bunga kulit jagung kelompok Late Kelurahan Tentena, usaha tempe kelompok Keiko Tempe kelurahan Pamona, usaha makanan ringan kelompok Makanan Ringan Kelurahan Sawidago, usaha bengkel kelompok HRP Motor kelurahan Tendeadongi, dan usaha abon dan sambal roa kelompok Usaha Mandiri Bundaku desa Saojo.

Delapan desa tersebut terpilih dari sejumlah proposal yang diterima oleh Tim CSR Poso Energy dengan jumlah proposal yang diterima sebanyak 114 proposal dengan berbagai jenis kegiatan usaha dari 9 desa. Pendampingan terhadap sejumlah kelompok usaha ini nantinya akan dilakukan selama 1 tahun dengan persyaratan tertentu yang mengikat dan memotivasi setiap kelompok usaha untuk meningkatkan kemandirian dan ekonomi secara berkelanjutan dan akan diawasi secara langsung oleh Tim CSR Poso Energy bersama tenaga pendamping yang terseleksi di masing-masing 8 desa / kelurahan tersebut.

Baca Juga :  Wabup Pimpin Upacara Peringatan HARKITNAS

Menurut Moch. Basri Djalil selaku perwakilan dari Pimpinan Poso Energy mengatakan bahwa sejumlah proposal tersebut kemudian diseleksi secara administrasi dengan berkoordinasi pada pihak kecamatan / kelurahan / desa dan selanjutnya tim melakukan survey lokasi rumah usaha atau rumah produksi. Ia juga menambahkan bahwa selain seleksi proposal juga dilakukan berdasarkan kemampuan kelompok bina usaha dalam menyampaikan rencana menjalankan usahanya seperti kemampuan dalam penyediaan bahan baku yang secara terus menerus, kemampuan dalam menghadapi pasar serta kemampuan dalam mengelola sumber daya manusia.

Sebelum melaunching, Bupati Poso dalam sambutannya mengatakan bahwa selaku Pemerintah Daerah menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pihak PT. Poso Energy yang selama ini telah banyak memberikan andil bagi perubahan wajah Kabupaten Poso yang lebih baik lagi khususnya di sektor pembangunan sumber energy listrik serta berbagai kontribusi lainnya. “Kita patut bersyukur karena komitmen PT. Poso Energy untuk terus melakukan upaya-upaya nyata di dalam memberikan sentuhan positif terhadap perubahan Tana Poso melalui sinergitasnya dalam program kegiatan pembangunan daerah” ungkap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Tangkura

Bupati Darmin juga mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Poso mendapat banyak dukungan dari berbagai perusahaan dan investor untuk terus memacu pembangunan di daerah, sehingga diharapkan hal ini tentunya juga mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar kebijakan-kebijakan Pemda Poso yang diarahkan bagi penguatan ekonomi kerakyatan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Ia juga menambahkan bahwa berbagai langkah cerdas yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan secara simultan dan holistic guna memberi warna perubahan bagi Kabupaten Poso akan terus dilanjutkan demi terwujudnya masyarakat yang damai, adil dan sejahtera baik di masa kini maupun yang akan datang.

Kegiatan Bina Desa Mandiri ini sendiri bertujuan untuk mewujudkan kemandirian guna mencapai kesejahteraan masyarakat berbasis pada optimalisasi potensi desa/kelurahan. Launching Bina Desa Mandiri ini ditandai dengan penyerahan bantuan alat usaha oleh Bupati Poso kepada masing-masing ketua kelompok didampingi oleh Pimpinan PT. Poso Energy.

Baca Juga :  Bupati Pimpin Rakor Penyusunan Rencana Kontijensi Menghadapi Gempa Bumi di Kabupaten Poso

Pada kegiatan ini juga Bupati Poso yang didampingi Kepala Dinas Pertanian, Kesehatan serta Kepala Dinas Kumperindag ini menyerahkan bantuan makanan tambahan (PMT) bagi anak-anak Balita dan Ibu hamil.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image