BERBAGI

Pembuktian Pemerintah Daerah yang terus bekerja dan berusaha hadir secara langsung di seluruh wilayah Kabupaten Poso, bahkan sampai di daerah perbatasan sekalipun mampu menunjukkan bahwa pemerintahan yang tengah dipimpin oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu bersama Wakil Bupati Ir. Samsuri, M.Si menghadirkan keadilan serta memberikan perhatian serta pelayanan yang sama bagi semua wilayah di Kabupaten Poso. Bupati Darmin yang membawa sejumlah Pimpinan OPD untuk mengikuti Upacara Bendera Setiap 17 Bulan Berjalan yang kerap di lakukan di Ibu kota Kabupaten ini, namun pada kali ini dilaksanakan di Lapangan desa Pancasila Kecamatan Pamona Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Morowali Utara, Senin (18/02/19).

Bupati Darmin mengatakan bahwa pelaksanaan upacara kali ini sebagai salah satu bentuk komitmen untuk membangun disiplin ASN di seluruh wilayah Kabupaten Poso tanpa pandang pilih, bahkan di daerah perbatasan sekalipun yang tentunya masih berada di kawasan Kabupaten Poso. “Saya tidak akan pernah berhenti untuk mengingatkan kepada seluruh ASN untuk selalu meningkatkan kedisiplinan dan meningkatkan kinerja serta berinovasi dan berkreasi di dalam memberikan yang terbaik bagi daerah ini melalui tugas dan tanggung jawab masing-masing” ungkap Bupati Darmin di hadapan seluruh peserta upacara yang juga melibatkan TNI/Polri dan anak-anak sekolah.

Baca Juga :  Pelantikan Bupati & Wakil Bupati Poso 2016-2021

Ia juga kembali menyadarkan para Aparatur dengan penegasan akan kenyataan yang tengah dihadapi saat ini adalah masyarakat tengah menunggu aksi nyata dari Aparatur sebagai pelayan masyarakat dan bukan hanya mengumbar janji semata. Oleh karenanya pada kesempatan tersebut Bupati Darmin kembali menunjukkan hasil dari aksi nyata Pemerintahan Darmin-Samsuri yang terus menggenjot setiap Pemerintahan Desa sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten dalam menyalurkan aspirasi masyarakat melalui pemanfaatan bantuan program dari Pemerintah Pusat Kementrian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Dirjen Sarana dan Prasarana Desa dengan selesainya pembangunan embung Desa Pancasila.

Dalam rangkaian pelaksanaan Upacara 17 Bulan Berjalan tersebut, Bupati Darmin yang meresmikan penggunaan embung desa sebagai sarana peningkatan ketersediaan sumber air di tingkat usaha tani ini sebagai suplai irigasi tanaman pangan dan holtikultura. “Dengan adanya bangunan ini, diharapkan pendapatan para petani desa bisa meningkat dua kali lipat dan selain itu juga embung desa berfungsi meningkatkan ekonomi sosial masyarakat melalui budidaya perikanan air tawar, kolam pemancingan, konservasi dan sarana wisata desa” ucap Bupati Darmin

Baca Juga :  Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-48 Korps Pegawai Republik Indonesia

Tak hanya sampai di situ, Ia juga memerintahkan kepada kepala desa agar secepatnya membuat peraturan desa yang berkaitan dengan pemanfaatan embung desa agar fungsinya benar-benar bisa tepat sasaran, terpelihara dan berkelanjutan. Dalam penegasan tersebut, Bupati Darmin juga menginstruksikan kepada camat agar melakukan pengawasan dan pantauan secara periodik agar seluruh proyek / bantuan yang masuk desa dapat termanfaatkan dengan baik secara berkeadilan dan tidak dimonopoli oleh sekelompok orang saja.

Selain meresmikan embung desa, Bupati Darmin dalam kunjungannya yang didampingi oleh Dandim 1307 Poso bersama Anggota DPRD Herlina Lawodi dan Danyon 714 SM ini kembali meresmikan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kancuu, Olumokunde, Tiu, Masewe, Taripa, Petiro, Pancasila, Didiri, Kelei Kecamatan Pamona Timur, Desa Katu Kecamatan Lore Tengah, Desa Padalembara Kecamatan Poso Pesisir Selatan periode 2018 – 2024 dan Pengganti Antar Waktu Desa Lantojaya Kecamatan Poso Pesisir periode 2018-2020. Bupati Darmin menegaskan kepada anggota BPD yang dilantik bahwa di samping tugas dan fungsi anggota BPD, BPD juga harus menjaga rambu-rambu yang tidak boleh dilanggar diantaranya seperti rangkap jabatan sebagai pemerintah dan lembaga desa, menjadi pelaksana proyek, menjadi anggota atau pengurus partai politik.

Baca Juga :  58 Anggota Tim Saber Pungli di Poso Dilantik

“Hal ini sengaja saya tekankan agar antara BPD dan Kepala Desa tidak boleh terjadi tumpang tindih tugas yang dapat memicu ketidakharmonisan antara Kepala Desa dan BPD itu sendiri” ungkap Bupati Darmin. Diakhir acara, Bupati Darmin juga menyerahkan KTP-El sejumlah 108 keping kepada Camat Pamona Timur untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image