BERBAGI

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menerima kunjungan perdana Brigjen Polisi Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si Kapolda Sulawesi Tengah, baru menggantikan Brigjen Pol. Ermi Widyatno di Mako Polres Poso. Kedatangan Kapolda yang baru disambut dengan upacara adat pekasiwia ini juga turut menghadirkan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso. Kamis, (14/02/19).

Dalam upaya Pemerintah Daerah melestarikan adat serta tradisi peninggalan leluhur serta menghormati kedatangan para tamu-tamu daerah yang baru pertama kali berkunjung di Kabupaten Poso, maka Pemda Poso melaksanakan Upacara penyambutan tamu secara adat Pamona Poso atau yang lebih dikenal dengan Upacara Pekasiwia terhadap kunjungan perdana Kapolda baru ini. Setelah menerima laporan dari Kapolres Poso AKBP. Bogiek Sugiarto, SH, SIK, Kapolda baru ini menerima pengalungan enu kalide dan penyambutan secara adat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, yang diawali dengan pemasangan Salempa dan Siga.

Baca Juga :  Pembukaan Operasi Teritorial (Opster) tni-AD di wilayah Kabupaten Poso

Sebelumnya, Perwira Tinggi Polri yang pernah menjabat sebagai Kasespimmen Sespim Polri sejak 12 Desember 2016 ini mengunjungi Kabupaten Morowali Utara pada hari yang sama juga mengunjungi Kabupaten Poso, dengan menggunakan helikopter dan turun di landasan Bandara Udara Kasiguncu Poso Pesisir. Kunjungan ini terkait dengan pantauan atas wilayah kerja Polda Sulteng sekaligus menjalin hubungan silahturahmi dengan pemerintah daerah di wilayah kerjanya termasuk Kabupaten Poso.

Terkait dengan salah satu tugas pokok dan fungsi kepolisian dalam masyarakat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 pasal 13 menyebutkan, akan bertugas dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga tugas kepolisian tersebut turut membantu pemerintah dalam mengawal serta menjaga proses pembangunan dalam kehidupan bermasyarakat, agar berjalan dengan aman demi kesejahteraan bersama. “Sebagai alat negara, Polri memiliki peranan yang sangat besar dalam menciptakan rasa aman dan tertib. Tidak hanya dalam skala Nasional, namun sampai menyentuh kehidupan masyarakat dalam satuan terkecil, termasuk dalam sebuah Kabupaten. Untuk itu kami selaku Pemerintah Daerah berinisiatif untuk menjalin hubungan yang baik dan bersinergi dengan kepolisian RI.” ungkap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Rapat Evaluasi Realisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Poso tahun 2016

Hubungan kerja sama antara Polri dengan Pemerintah Daerah adalah memberikan pertimbangan aspek keamanan umum kepada Pemerintah Daerah dan instansi terkait serta kegiatan masyarakat, dalam rangka menegakkan kewibawaan penyelenggaraan pemerintahan di daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. “Karena itulah dibutuhkan sebuah wadah koordinasi yang dapat mengsiknkronkan tugas-tugas pemerintahan di daerah dalam menciptakan rasa aman dan tertib tersebut. Karena selaku Kepala Daerah, saya memiliki kewajiban untuk memajukan kesejahteraan umum di Kabupaten Poso. Dan untuk menciptakan kesejahteraan umum tersebut adalah salah satu hal yang mutlak, yang harus kami lakukan bersama. Salah satunya adalah menjalin hubungan yang baik antara Pemerintah Daerah dengan Kepolisian, agar dapat bekerja sama menciptakan rasa aman di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.” Ucap Bupati Darmin.

Baca Juga :  Perjanjian Kerjasama Dinas Kominfo Dan BNN Poso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image